Home Sulteng

Paket Pemagangan Dalam Negeri Ditambah

8
Arnold Firdaus. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulteng, Arnold Firdaus, mengungkapkan pihaknya akan menambah paket program pemagangan kerja dalam negeri untuk tahun 2022.

“Insyaallah, tahun depan untuk pemagangan dalam negeri kita tambah lagi paketnya,” ungkap Arnold, Selasa, 4 Mei 2021.

Dia mengatakan untuk program pemagangan kerja dalam negeri tahun ini sedang berlangsung sampai Juli mendatang. Total peserta pemagangan sebanyak 100 orang yang terbagi enam kejuruan dalam 10 paket di wilayah Kota Palu.

Rinciannya, kejuruan menjahit, otomotif, desain grafis, dan tata kecantikan, yang masing-masing dua paket berjumlah 20 orang per paket. Dua kejuruan sisanya yaitu akuntansi dan perhotelan masing-masing satu paket berjumlah 10 orang per paket.

Sebelumnya, Arnold menyebut pelaksanaan program pemagangan kerja dalam negeri tetap menerapkan ptokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

“Disesuaikan protokol kesehatan dengan jaga jarak dan tidak terlalu banyak,” ungkap Arnold, Selasa, 23 Maret 2021.

Arnold mengatakan program pemagangan telah berlangsung yang dibuka pada Selasa, 16 Maret 2021. Peserta mengikuti pemagangan selama lima bulan dengan pembagian teori satu bulan dan praktik empat bulan.

“Kabupaten juga melaksanakan, setiap tahun ada (program pemagangan kerja dalam negeri),” pungkas Arnold.

Diketahui, Arnold secara resmi membuka pelaksanaan program pemagangan kerja dalam negeri tahun 2021 pada Selasa, 16 Maret. Pembukaan dilaksanakan secara offline bagi perwakilan peserta pemagangan kerja dan sisanya mengikuti secara online via zoom meeting.

Arnold mengharapkan program magang kerja dalam negeri dapat melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dengan memiliki keterampilan dan keahlian sesuai kebutuhan perusahaan.

“Terpenting pula memiliki etos kerja produktif, disiplin dan memiliki sikap mental yang tinggi,” ucap Arnold.

Harapan tersebut sesuai tema yang diusung dalam program pemagangan yaitu “Menuju SDM Produktif dan Kompetitif”.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas