Home Palu

Lukman: Pengumuman Hasil SBMPTN 14 Juni

Lukman Nadjamudin. (Foto: Dok)

Palu, Metrosulawesi.id – Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Tadulako (Untad), Dr Lukman Nadjamuddin M.Hum, mengungkapkan pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 keluar pada Juni mendatang.

“Pengumuman 14 Juni secara online langsung ke akun masing-masing peserta,” ungkap Lukman, Kamis, 6 Mei 2021.

Dia mengatakan selain melalui akun peserta, pengumuman hasil seleksi juga akan dipublikasikan melalui media cetak lokal di daerah ini. Peserta yang terkendala jaringan bisa melihat kelulusan di media yang memuat pengumuman hasil SBMPTN 2021.

Diketahui, seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN gelombang dua di Palu telah berakhir pada 1 Mei 2021. Panitia Pusat UTBK Untad memberlakukan pemeriksaan ketat kepada peserta ujian.

Pemeriksaan ketat dilakukan mengantisipasi terulangnya kasus peserta yang diamankan menggunakan ‘joki’ saat gelombang satu UTBK SBMPTN. Koordinator Pelaksana UTBK Untad, Yutdam Mudin, mengungkapkan pihaknya kini melakukan pemeriksaan dengan metal detector.
“Tujuannya untuk mendeksi HP atau benda-benda metal lainnya,” ungkap Yutdam, Selasa, 27 April 2021.

“Pusat UTBK Untad menjaga kepercayaan masyarakat akan kualitas UTBK SBMPTN makanya diperketat,” tambahnya.

Yutdam mengatakan UTBK gelombang ke dua SBMPTN telah dilaksanakan yang jadwal secara nasional berakhir pada 4 Mei 2021. Namun untuk Untad akan berakhir lebih cepat pada 1 Mei.

Sebelumnya, Rektor Prof Dr Ir Mahfudz MP, mengungkapkan kecurangan yang dilakukan salah satu peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) di SMKN 3 Palu menjadi modus baru.

“Mereka lebih canggih, ternyata disimpan di dada, dilektakan di baju dalamnya. Itu menjadi modus baru bagi panitia pusat, ada lagi modus-modus baru,” ungkap Prof Mafudz kepada awak media di Palu, Rabu, 14 April 2021.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas