Home Palu

Lapas Palu Gelar Salat Id Berjemaah

Kepala Lapas Palu, Gamal Bardi. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Palu akan menggelar salat Idul Fitri 1442 H/2021 M. Salat id berjemaah akan dipusatkan di halaman dalam Lapas Palu. Salat id hanya diikuti warga binaan di Lapas Palu yang beralamat di Jalan Dewi Sartika.

Kepala Lapas Palu, Gamal Bardi, menerangkan pelaksanaan salat id di lingkungan lembaga pemasyarakatan sesuai petunjuk pihak Kemenkumham RI.

“Petunjuk dari Sekjen dan Dirjen, boleh salat id tapi harus dengan protokol ketat,” ujar Gamal, Selasa, 11 Mei 2021.

Dia mengatakan untuk melaksanakan salat id di Masjid lingkungan Lapas Palu tidak memungkinkan kapasitas dengan jumlah warga binaan.

“Yang ikut salat id nanti cuma warga binaan sekitar 1.000 orang lebih,” ucap Gamal.

Usai salat id akan dilakukan penyerahan SK remisi khusus kepada perwakilan warga binaan. Ada sekitar 400 lebih warga binaan beragama Islam di Lapas Palu diusulkan mendapat remisi (pengurangan masa hukuman) dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Untuk kunjungan ke warga binaan saat Idul Fitri ditiadakan. Gantinya, Lapas Palu menyediakan fasilitas video call untuk silaturahmi virtual. Bagi keluarga yang ingin menitipkan makanan diimbau melampirkan foto copy KTP.

“Tujuan kami untuk menciptakan suasana Hari Raya seperti di rumah. Nanti akan kami sediakan tenda untuk keluarga menunggu antrean pelayanan penitipan barang saat Idul Fitri,” tandas Gamal. (*)

Reporter: Michael Simanjuntak

Ayo tulis komentar cerdas