Home Palu

Pemkot Targetkan Dana Stimulan Selesai dalam Tiga Bulan

8
Singgih Budi Prasetyo. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)
  • Warga Diminta Proaktif Cek Data di Kelurahan

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu, Ir. Singgih Prasetyo megimbau, masyarakat agar proaktif melihat datanya di kantor kelurahan sesuai domisilinya masing-masing.

“Masyarakat jangan mengharapkan orang lain, sebab banyak warga yang bertanya kapan saya-kapan saya. Yang pasti pak Wali Kota Palu perintahkan tiga bulan dana stimulan ditargetkan sudah selesai, tentunya waktu yang diperintahkan itu saya berharap bisa tercapai,” kata Singgih, saat dihubungi Metro Sulawesi, Jumat, 26 Maret 2021.

Menurut Singgih, saat ini dana stimulan tahap II lanjutan sudah mulai disalurkan kepada 21.014 Kepala Keluarga (KK).

“Dana stimulan itu langsung masuk ke rekening masyarakat, sebab tiap minggu kami langsung Surat Keputusan (SK) pencairannya,” ujarnya.

Singgih mengatakan, penerimaan dana stimulan ini tidak sekaligus bersamaan, sehingga tentunya ada warga yang menerima diluan, ada juga belakangan.

“Olehnya itu masyarakat harus menyadari, jangan bertanya kapan saya-kapan saya, silahkan datang ke kantor kelurahan tanyakan sama tim pendamping, sebab mereka masing-masing memiliki cara yang berbeda untuk menjadwalkannya,” imbuhnya.

Singgih sangat berharap, dukungan masyarakat untuk mempercepat proses ini. Utamanya dalam hal melengkapi segala persyaratan yang dibutuhkan.

“Milsanya siapkan bukti kepemilikan, karena ini biasanya yang menjadi kendala. Bukti kepemilikan ini bisa mendapat petunjuk di kantor lurah masing-masing segera diselesaikan,” harapnya.

Kata Singgih, sebagai upaya mempercepat penyaluran itu, pihaknya menginstruksikan kepada seluruh tenaga Tim Pendamping Percepatan Pembangunan Perumahan Daerah (TP4D) agar memprioritaskan masyarakat yang datanya telah lengkap.

Sementara itu, kata Singgih, untuk warga penerima Hunian Tetap (Huntap) saat ini sudah mencapai 2.000-an.

“Untuk pembangunan Huntap masih terus berjalan dari PUPR, tetapi nanti coba tanya ke pihak PUPR seperti apa pembangunanya, karena mereka yang mengerjakanya,” katanya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas