Home Inspirasi

Anggota PFI Palu Raih Penghargaan APFI 2021

22
PENGHARGAAN - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy memberikan piala photo of the year APFI 2019 kepada Mugni Supardi. (Foto: Ist/ Susanto/ Media Indonesia)

Palu, Metrosulawesi.id Anggota Pewarta Foto Indonesia (PFI) Palu, Sulawesi Tengah, Mugni Supardi meraih photo of the year 2019 pada ajang Anugrah Pewarta Foto Indonesia (APFI) tahun 2021. Jumat (2/4) yang diselanggarakan di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jalan Medan Merdeka Selatan 11, Jakarta Pusat.

Ajang kebanggan jurnalis foto Indonesia yang telah mengumumkan para peraih penghargaan APFI tahun 2019-2020, salah satunya adalah fotografet dari harian Radar Sulteng yang menerima langsung penghargaan APFI pada foto tunggal terbaik APFI tahun 2019 dengan judul foto “Banjir Bandang Rumahku Hilang”, piala photo of the year APFI 2019 diberikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy kepada Mugni Supardi.

Diketahui bahwa foto yang meraih penghargaan APFI tersebut menceritakan tentang seorang anak menangis saat terjebak diantara banjir lumpur yang melanda Desa Poi, Kabupaten Sigi, Sulteng, Minggu (8/12/2019). Hujan deras seharian di Wilayah Kabupaten Sigi dan sekitarnya menyebabkan terjadinya banjir lumpur di desa tersebut.

Dihubungi melalui via telepon, Mugni Supardi, menyampaikan rasa syukur atas peraihan ajang penghargaan tertinggi, untuk jurnalis foto tanah air, ia bahkan tidak percaya bisa mendapatkan foto of the year 2019.

“Terharu intinya, dan sangat bersyukur bisa mendapatkan foto of the year 2019,” katanya.

Mugni bahkan menyampaikan pesan dari panitia penyelanggara yakni PFI Pusat, dimana pesan pertama yaitu ucapan selamat kepada seluruh fotografer yang telah ikut berpartisipasi.

“Pesan PFI Pusat yaitu terus memotret dan tetap semangat,” katanya.

Sementara Sekretaris PFI Palu, Opan Bustan menyampaikan, kebangaan yang luar biasa kepada Mugni Supardi. Sebab masuk dalam nominasi APFI tidaklah mudah, apalagi bisa sampai meraih photo of the year.

“Sejarah baru dicatatkan Mugni untuk dunia foto jurnalis di Sulteng khususnya PFI Palu,” ujarnya. (*/edy)

Ayo tulis komentar cerdas