Home Palu

Dana Stimulan Tahap 2 Tetap Disalurkan

57
KONFERENSI PERS - Suasana konferensi pers di Kantor BPBD Kota Palu, Selasa, 26 Januari 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Yusuf Bj)
  • Batas Akhir Oktober 2021

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu, Ir. Singgih Prasetyo menegaskan pihaknya segera menyalurkan dana stimulan tahap 2 kepada bagi masyarakat yang belum menerima dan telah memasukkan datanya.

“Kepada warga Kota Palu yang sudah terdaftar dan telah di assesmen kategori kerusakan rumah pada Agustus hingga Oktober lalu kami harap tidak resah. Karena Pemerintah Kota Palu akan tetap menyalurkan bantuan dana stimulan tahap 2 tersebut kepada warga terdampak bencana 28 September 2018,” kata Singgih pada konferensi pers di Kantor BPBD Kota Palu, Selasa, 26 Januari 2021.

Singgih pun mengakui adanya keterlambatan dalam penyaluran dana stimulan tahap 2 tersebut.

“Jadi ini bukan penyaluran dana stimulan tahap 3, tapi penyaluran dana stimulan tahap 2 lanjutan. Ada hal teknis dan non teknis sehingga kami mengalami keterlambatan dalam penyaluran dana stimulan itu, “ jelasnya.

“Untuk masalah teknis, pertama, pelaksanaan review dan validasi data penerima dana stimulan tahap 2 itu tidak hanya membutuhkan satu atau dua hari. Dalam proses review dan validasi itu kami juga memastikan penerima itu bukan termasuk data warga penerima dana stimulan tahap 1, data penerima huntap (Tondo 1, Tondo 2, Talise, Duyu, Balaroa), dan data warga penerima bantuan dari NGO,” jelasnya.

Kata dia, review dan validasi data tersebut dilakukan agar tidak ada data yang sifatnya ganda menerima bantuan.

“Contohnya, bagi warga yang telah menerima Huntap tidak boleh lagi mendapat bantuan dana stimulan, begitu juga sebaliknya,” jelasnya.

Dikarenakan banyaknya target data yang harus direview dan validasi, maka target awal yakni Januari penyaluran dana stimulan tahap 2 akan kembali dilaksanakan terpaksa harus diundur pelaksanaannya.

Kata dia, proses penyaluran dana stimulan tahap juga tergantung pada proses keuangan daerah.

“Karena proses perubahan terhadap penggunaan aplikasi di Keuangan Daerah akan mempengaruhi proses penyaluran dana stimulan tahap 2,” jelasnya.

“Proses penyaluran dana stimulan tahap 2 sesuai surat perpanjangan pertama yang dikeluarkan Kementerian Kuangan RI dilaksanakan sampai Oktober 2021,” ungkapnya.

Selain itu, kata Singgih, ada juga faktor non teknis yang mempengaruhi sehingga terjadi keterlambatan penyaluran dana stimulan tahap 2 lanjutan ini.

“Pertama, pada tanggal 12 Januari 2021, Direktorat Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB pusat menutup sementara kantornya karena ada 6 orang  stafnya terkonfirmasi positif Covid-19. Kedua, pada 22 Januari 2021 terjadi gempa bumi di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat, dimana beberapa pejabat struktural pada Direktorat Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB pusat diperintahkan untuk membantu penanganan darurat bencana di Mamuju dan Majene,” jelasnya.

Singgih mengungkapkan, ada sekitar 21.500 KK yang akan menerima dana stimulan tahap 2 lanjutan ini. “Data ini sudah tidak ada perubahan lagi. Kami sudah melakukan pengecekan terhadap hal itu,” kata Singgih.

Sementara itu, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Palu, Muhammad Issa Sanusi, ST mengungkapkan, dari data tersebut, pihaknya akan menyalurkan dana sebesar Rp280 miliar.

“Dari dana tersebut kami juga masih memiliki dana sisa pembiayaan, dimana kami harapkan dari dana sisa ini bisa disalurkan kepada warga yang betul betul berhak menerima, bukan warga yang sudah mendapatkan bantuan lainnya,” tegasnya.

“Jadi masyarakat masih bisa mendaftar untuk menerima dana stimulan tahap 2 dengan syarat tidak pernah menerima bantuan lainnya dan rumahnya tidak masuk wilayah zona merah,” jelasnya.

Reporter: Yusuf Bj

1 COMMENT

  1. Kapan cairnya dana stimulan gempa bumi nya mohon dibantu karna sampai saat ini kami belum terima dana bantuan stimulan gempa padahal data kami sdh masuk dan SDH tanda tangan juga sisa mau ke bank dan pencairan mohon dibantu kapan pastinya pencairan nya jgn cmn jnji2 saja mereka nmn hal nol

Ayo tulis komentar cerdas