Home Pendidikan

Gratis, PPDB SMA Telah Dibuka

Muchlis. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)
  • Mekanismenya Bisa Daring-Luring

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng, Muchlis mengungkapkan, untuk pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD) untuk jenjang SMA telah dibuka 3 hingga 25 Mei 2021.

“Sementara pengembalian berkas pendaftaran dilakukan pada 27 Mei hingga 7 Juni 2021. Kemudian untuk pelaksanaan PPDB during maupun luring, sekolah dilarang memungut biaya kepada calon peserta didik baru,” kata Muchlis, melalui ponselnya, Senin, 10 Mei 2021.

Kata Muchlis, mengingat waktu pendaftaran PPDB berlangsung pada masa darurat pencegahan penyebaran Covid-19, maka pendaftaran PPDB harus mengikuti seluruh ketentuan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, termasuk mencegah berkumpulnya orang tua dan siswa secara fisik di sekolah.

“Olehnya pendaftaran dapat digelar secara daring maupun luring, bisa juga sistemnya di kombinasi daring dan luring,” ujarnya.

Menurutnya, sistem kombinasi diperuntukkan bagi sekolah yang telah mamiliki fasilitasi berbasis online. Namun masih terbatas baik kelengkapan perangkat maupun dukungan sumber daya baik di dalam maupun di luar sekolah.

“Sekolah wajib menyiapkan segala fasilitas yang diperlukan sesuai protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19,” tegasnya.

Misalnya kata Muchlis, tempat cuci tangan beserta sabun disiapkan di luar area pendaftaran.

“Seluruh area tempat pendaftaran maupun fasilitas parangkat seperti meja, komputer, maupun seluruh benda yang sering disentuh dan yang digunakan pada saat pendafaraan wajib disterilkan dengan cairan anti septik maupun disinfektan sebelum digunakan,” ujarnya.

Kata dia, panitia pendaftaran maupun warga sekolah lainnya ada di sekolah wajib menggunakan masker dan mencuci tangan.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas