RAPAT KOORDINASI - Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdi Mastura didampingi Kepala BPKAD Bahran dan Kepala Pelaksana BPBD Datu Pamusu, mengikuti Rapat Koordinasi BMKG secara virtual, Kamis, 29 Juli 2021. (Foto: Zoom)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdi Mastura didampingi Kepala BPKAD Bahran dan Kepala Pelaksana BPBD Datu Pamusu, mengikuti Rapat Koordinasi BMKG secara virtual, Kamis, 29 Juli 2021.

Presiden Joko Widodo yang hadir membuka kegiatan menyampaikan dengan tantangan yang semakin meningkat, masyarakat harus meningkatkan ketangguhan dalam menghadapi kemungkinan bencana, saling memperkuat dan perlu manajemen bencana.

“Tentu perlu kemampuan dalam mengantisipasi dan memitigasi bencana untuk mengurangi kerugian jiwa, kerusakan dan kerugian harta benda,” ucap Presiden.

Jokowi menekankan beberapa hal untuk menjadi perhatian bersama yaitu layanan BMKG harus disertai dengan inovasi-inovasi yang mengikuti perkembangan teknologi terbaru untuk meningkatkan observasi, analisis dan prediksi serta peringatan dini secara lebih cepat dan akurat.

Peringatan BMKG harus dapat digunakan sebagai rujukan dalam pengambilan keputusan pemerintah di berbagai sektor. BMKK haru terus meningkatkan kapasitas manajemen penanggulangan dan adaptasi bencana di tingkat Daerah.

Sementara itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan berdasarkan pemantauan fenomena BMKG, iklim dan tektonik di Indonesia cenderung dinamis, kompleks, tidak pasti dan ekstrem yang beresiko kejadian multi bencana geologi dan metereologi.

Olehnya perlu langkah mewujudkan Zero Victace melalui upaya mitigasi secara tepat berdasarkan kolaborasi dan sinergi yang lebih intensif dan masif dengan lembaga kementerian, pemerintah daerah, pihak swasta, akademisi, media dan masyarakat.

“BMKG berharap untuk terus melakukan adaptasi dan inovasi teknologi serta meningkatkan kapasitas sumber daya manusia BMKG agar lebih mahir dan terampil dalam memonitor, menganalisis, memprediksi serta memberikan dan peringatan dini terhadap potensi multi bencana secara cepat, tepat dan akurat,” tandas Dwikorita.

Pertemuan ini turut dihadiri Ketua MPR RI, Ketua DPR RI, Ketua BPK RI, Jaksa Agung RI, Menteri, Gubernur, Bupati/Walikota, Pimpinan Perguruan Tinggi, Organisasi Profesi dan Tokoh Masyarakat.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas