Home Palu

Untad Bersiap Kuliah Tatap Muka

9
Prof Mahfudz. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Rektor Prof Dr Ir H Mahfudz MP, mengungkapkan Universitas Tadulako (Untad) tengah bersiap untuk kuliah tatap muka. Kuliah tatap muka direncanakan mulai semester ganjil tahun ajaran baru 2021-2022.

“Insyaallah, mungkin semester ganjil tahun ajaran baru Agustus atau September sudah kuliah tatap muka,” ungkap Prof Mahfudz di Palu, Minggu, 2 Mei 2021.

Namun demikian, Prof Mahfudz menyebut untuk finalisasi rencana perkuliahan tatap muka tetap akan memperhatikan kondisi penyebaran Covid-19 setidaknya sampai akhir lebaran Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 M.

“Habis lebaran kita lihat perkembangan, paling tidak opsi pembelajaran blended learning yang diterapkan. Fakultas-fakultas yang berpraktik sudah boleh mengundang mahasiswa praktik. Mudah-mudahanlah pandemi di Palu tidak ada lonjakan,” ucapnya.

Rektor mengatakan pihaknya akan melakukan penataan kembali gedung-gedung perkuliahan untuk pelaksanaan kuliah tatap muka. Gedung perkuliahan akan disiapkan untuk penerapan protokol kesehatan pencagahan Covid-19.

“Tetap protokol covid harus dijalankan seperti saat awal-awal pandemi dengan mengatur jumlah mahasiswa yang masuk tatap muka,” ujar Rektor.

Rektor menambahkan jumlah dosen dan tenaga kependidikan di Untad yang telah divaksin Covi-19 telah mendukung untuk pelaksanaan kuliah tatap muka. Saat ini, vaksinasi civitas Untad masih berlanjut.

Sebelumnya, Ketua Satgas Covid-19 Untad, Dr dr Ketut Suarayasa M.Kes, menyatakan optimis pemberian vaksinasi dosis ke dua bagi dosen, tenaga kependidikan, dan pegawai di lingkungan Universitas Tadulako bisa tercapai 100 persen dalam waktu dekat ini.

Dia menerangkan saat ini ada 1.512 sasaran penerima vaksin dosis ke dua dari total 3.000 lebih dosen, tenaga kependidikan, dan pegawai di Untad. Dari jumlah 1.512 sasaran, tercatat sudah 1.114 peserta atau 73,6 persen yang telah menerima vaksin dosis ke dua.

“Ada 70 orang lagi yang divaksin dosis ke dua. Berarti sudah 1.184 vaksinasi dosis ke 2 atau 78,3 persen. Dengan capaian tersebut, kita optimis target vaksinasi dosis ke dua akan sesuai harapan,” ucap Ketut Suarayasa yang juga selaku Direktur RS Tadulako Untad, Jumat, 23 April 2021.

Dia mengatakan Klinik RS Tadulako akan membuka pelayanan vaksinasi dosis ke dua sampai 8 Mei mendatang. Pihaknya masih memiliki waktu sekitar dua minggu untuk menuntaskan pemberian vaksin dosis ke dua.

“Pelayanan vaksinasi dosis ke dua selama tiga minggu mulai 19 April sampai dengan 8 Mei,” ujar Ketut Suarayasa.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas