Home Palu

Prof Juhaeri: Pascavaksinasi Harus Tetap Pakai Masker

9
Prof Juhaeri Muchtar Ph.D. (Foto: Zoom)

Palu, Metrosulawesi.id – Ahli Epidemiologi, Prof Juhaeri Muchtar Ph.D, mengingatkan masyarakat yang telah divaksin Covid-19 agar tetap memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Perlu saya ingatkan vaksinasi bukan akhir dari segalanya karena kita belum tahu kapan herd immunity (kekebalan kelompok) bisa tercapai,” ucap Prof Juhaeri saat menjadi narasumber General Lecture Series (GLS) atau seri kuliah umum ke-11 Eurasia Foundation FKIP Untad melalui zoom meeting, Rabu, 28 April 2021.

Guru Besar The University of North Carolina Chapel Hill Amerika Serikat (AS) itu mengatakan protokol kesehatan masih wajib diterapkan dengan menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

Prof Juhaeri menyebut keterbatasan stok vaksin juga harus menjadi perhatian dengan kebutuhan yang harus terpenuhi. Diperkirakan saat ini ada delapan miliar penduduk dunia yang membutuhkan vaksinasi.

“Sementara kemampuan memproduksi vaksin setahun maksimal untuk lima miliar orang saja,” ujarnya.

Diketahui, Prof Juhaeri saat ini juga sebagai Vice President Sanofi, salah satu perusahaan bidang kesehatan global yang kini berdomisili di AS.

Prof Juhaeri mengatakan kondisi pandemi covi-19 di Indonesia dan AS mirip yang saat ini sudah mulai melandai. Namun demikian, dari jumlah kasus antara kedua negara berbeda per 27 April 2021. AS dengan jumlah populasi penduduk 331 juta sudah mencatatkan kasus Covid-19 mencapai 32.172.770 kasus. Sementara di Indonesia dengan populasi penduduk yang tidak terlalu jauh berbeda dengan AS hanya 1.651.794 kasus.

“Populasi penduduk tidak jauh berbeda, di AS 331 juta, di Indonesia 274 juta. Jadi dari 1.000 penduduk Amerika, ada 93 yang terpapar corona. Bandingkan dengan Indonesia dari 1.000 penduduk hanya 6 yang terpapar. Tapi kita juga harus hati-hati mungkin sistem deteksi di Indonesia belum lengkap, jadi banyak yang tidak terdiagnosis, itu yang perlu kita hati-hati,” ungkap Prof Juhaeri.

Olehnya Prof Juhaeri mengimbau agar masyarakat melakukan vaksinasi yang disiapkan pemerintah. Vaksin yang saat ini ada di Indonesia diyakini aman karena telah melalui serangkaian tahapan uji klinis.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas