Home Banggai Kepulauan

Polsek Totikum Gerebek Tempat Penyulingan Miras

15
Pondok penyulingan cap tikus yang ditemukan Polsek Totikum, Polres Banggai Kepulauan. Ditemukan perangkat alat penyulingan, serta ratusan liter bahan baku pembuatan miras. (Foto: Istimewa)

Bangkep, Metrosulawesi.id – Ratusan Liter Minuman Keras (Miras) jenis Saguer yang juga merupakan bahan baku pembuatan Minuman Keras (Miras) jenis Cap Tikus, dimusnahkan dengan cara ditumpahkan ke tanah, oleh personel Polsek Totikum, Polres Banggai Kepulauan, saat melaksanakan razia pada Pada Rabu 24 Maret 2021.

Kapolsek Tatikum IPDA Muh. Abdurahman Afif Hasibuan, S.Tr.K,kepada wartawan Metrosulawesi melalui telepon, Kamis 25 Maret 2021, menjelaskan bahwa razia lokasi pembuatan Miras tradisional itu, dilakukan di desa Mata dan desa Batangbabasal, yang berada di Kecamatan Totikum, Kabupaten Bangkep.

“Operasi Miras ini dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi menjelang Bulan Suci Ramadhan Tahun 2021,” ucapnya.

Dalam razia itu, ada dua pondok penyulingan cap tikus yang ditemukan, dan dari dua pondok itu pihaknya menemukan perangkat alat penyulingan, serta ratusan liter bahan baku pembuatan miras saguer dan cap tikus.

Pondok penyulingan cap tikus yang ditemukan Polsek Totikum, Polres Banggai Kepulauan. Ditemukan perangkat alat penyulingan, serta ratusan liter bahan baku pembuatan miras. (Foto: Istimewa)

“Ada sekitar 150 liter saguer dan 40 liter Miras jenis Cap Tikus, yang kami temukan di dua pondok penyulingan yang dimiliki oleh Nurdin dan Apok,” ungkapnya.

Afif juga mengatakan bahwa, dikarenakan medan berat dan jarak tempuh yang cukup jauh sehingga tidak memungkinkan membawa seluruh barang bukti, pihaknya kemudian memusnahkan seluruh barang bukti lokasi, dengan cara dibuang, dan sebagian kita bawa ke Mako Polsek untuk dijadikan barang bukti.

“Ada 40 liter miras jenis cap tikus dan 5 liter saguer kami bawa ke Mako Polsek Totikum, sebagai barang bukti,” tuturnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas