Home Palu

Mahasiswa Disiapkan Rebut Beasiswa ke Prancis

9
SOSIALISASI - Tampak perwakilan mahasiswa dari berbagai fakultas mengikuti sosialisasi beasiswa yang dilaksanakan oleh IO Untad di Palu, Kamis, 1 April 2021. (Foto: Istimewa)
  • IO Untad Laksanakan Sosialiasi dan Pelatihan

Palu, Metrosulawesi.id – International Office Universitas Tadulako (IO Untad) melaksanakan Sosialisasi Beasiswa dan Pelatihan Bahasa Perancis pada Kamis, 1 April 2021. Kepala IO Untad, Prof Marsetyo M.Sc Ag Ph.D, mengatakan meningkatkan kapasitas dan mutu mahasiswa Untad dalam berbahasa asing untuk persiapan merebut beasiswa, salah satunya beasiswa ke Prancis.

“Sosialisasi diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari berbagai fakultas seperti Kedokteran, Pertanian, FKIP, Teknik, Agribisnis dan Ekonomi,” ujarnya, Minggu, 4 April 2021.

Melalui kegiatan sosialisasi, kepada mahasiswa diperkenalkan trik dan tips untuk mendapatkan beasiswa ke Perancis, yang salah satu syaratnya adalah setiap pendaftar harus memiliki kemampuan berbahasa Perancis.

“Peserta sosialisasi nantinya akan mengikuti pelatihan bahasa Perancis selama sebulan yang kelasnya akan dilaksanakan secara online,” jelas Prof Marsetyo.

Usai mendapatkan pelatihan, setiap peserta nantinya akan mengikuti ujian kemampuan berbahasa Perancis (DELP) beserta sertifikat ujiannya. Sehingga dengan adanya sertifikat tersebut, akan membuka peluang besar kepada peserta untuk mendapatkan beasiswa ke Perancis.

“Dalam waktu dekat, International Office Untad juga akan menggelar pelatihan bahasa Jepang usai pelatihan bahasa Perancis,” tandas Kepala IO.

Sebelumnya, Prof Marsetyo mengungkapkan IO Untad rutin menggelar sosialisasi dan pelatihan untuk beasiswa pendidikan di luar negeri. Salah satu yang terbaru dilaksanakan bimbingan teknis dan pelatihan persiapan beasiswa Australia Awards Scholarship (AAS) di Palu, Kamis, 28 Januari 2021.

Kegiatan dilaksanakan mempersiapkan para dosen dan staff di lingkungan Untad untuk ikut merebut peluang beasiswa AAS long term S2 dan S3 yang akan dibuka mulai 1 Februari – 30 April 2021.

Saat itu, kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor Untad Bidang Umum dan Keuangan Untad, Dr Muh Nur Ali, dengan menghadirkan narasumber Prof Marsetyo, selaku Kepala IO Untad, sekaligus Alumni Australia Awards.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas