Home Ekonomi

Pelaku Usaha Mikro Mulai Didata

18
Abd Muin. (Foto: Metrosulawesi/ Zulfikar)

Parimo, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong melakukan pendataan pelaku usaha mikro untuk menjadi peserta Program Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) tahun 2021.

Hal itu diungkapkan, Kepala Sub Bagian Program Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Parimo, Abd. Muin kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Rabu 31 Maret 2021.

Dia menjelaskan, dalam penyaluran BPUM nanti akan dilaksanakan oleh bank yang telah ditetapkan dan pelaksana teknisnya adalah Dinas Koperasi dan UMKM Parimo.

Saat ini, pihaknya telah mempelajari petunjuk teknis (juknis) BPUM dan selanjutnya dilakukan verifikasi data berkas bagi penerima UMKM.

“Insya Allah kami turun lapangan juga untuk melakukan sosialisasi tentang penerima UMKM 2021 dan pengambilan data,” jelasnya.

Dia menjelaskan, tujuan bagi pelaku usaha mikro tahun 2021 adalah strategi pemerintah untuk membantu usaha mikro agar bertahan dan bangkit di tengah Pandemi Covid- 19.

“Tahun 2021, dana BPUM yang diberikan kepada pelaku usaha mikro sebesar Rp1,2 juta,” katanya.

Ia menambahkan, adapun persyaratan berhak menerima BPUM adalah warga negara Indonesia, mempunyai KTP elektronik, memiliki usaha Mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari Pemerintah dan bukan ASN, TNI/Polri serta pegawai BUMN dan tidak sedang menerima KUR.

Reporter: Zulfikar
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas