Home Palu

Kapal Datang, Polsek KP3 Pantoloan Laksanakan Ops Yustisi

8
Kapolsek KP3 Pantoloan, IPDA Nur Habib Auliya, S.Tr.K (kedua dari kiri), saat foto bersama usai kegiatan Vaksinasi COVID-19 tahap II, terhadap ABK KM.Lambelu. (Foto: Dok. Polsek Kp3)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepolisian Sektor (Polsek) Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP) Pantoloan Palu, punya cara tersendiri dalam menerapkan protokol kesehatan, kepada penumpang yang tiba dan akan berangkat melalui jalur laut, di pelabuhan Pantoloan Palu, pada Minggu 4 April 2021, sekitar pukul 02.20 WITA.

Selain melakukan pemeriksan secara rutin, Polsek KP3 juga melakukan pendekatan secara humanis, agar penumpang dan pengunjung selalu patuh protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19.

Kapolsek KP3 Pantoloan, IPDA Nur Habib Auliya, S.Tr.K , kepada wartawan Metrosulawesi, Minggu 4 April 2021,mengatakan bahwa setiap penumpang yang akan berangkat wajib menggunakan masker, mencuci tangan dan jaga jarak saat masuk dan menaiki kapal, sebagai pencegahan penyebaran pandemi Covid-19.

“Untuk jumlah penumpang yang turun sejumlah 289 orang, yang naik 149 orang, dan penumpang lanjutan berjumlah 700 orang,” ungkapnya. “kami juga melakuikan pemeriksaan barang bawaan penumpang, seperti sajam, handak, Narkotika serta barang berbahaya lainya, termasuk DPO,” tambahnya.

Selain itu, pada saat KM Lambelu, bersandar di Pelabuhan Pantoloan pada Minggu 4 April 2021, pihaknya juga melakukan pemantauan pelaksanaan Vaksinasi COVID-19tahap II, untuk Anak Buah Kapal (ABK) KM.Lambelu, yang dilaksanakan oleh pihak Pelni.

“Vaksinasi tahap I dilakukan pada 20 Maret 2021 lalu, dan ini vaksinasi tahap II. Dan di tahap II ini, Pelni juga melaksanakan Vaksinasi terhadap 110 ABK, yang disaksikan oleh Unsur Maritim Teluk Palu, yang dilaksanakan di atas Kapal,” jelasnya.

Nur Habib juga menjelaskan bahwa,  bagi penumpang yang akan berangkat, pihaknya menegaskan wajib membawa dan menyertakan surat hasil Rapid Tes, sebagai syarat dalam perjalanan bahwa penumpang yang bersangkutan sehat dan bisa melakukan perjalanan ke luar daerah.

“Karena itu khusus penumpang yang akan masuk di kawasan pelabuhan, dilakukan pemeriksaan dan pengawasan secara ketat dan wajib menerapkan 5M yaitu mencuci tangan, memakai masker , menjaga jarak menghindari kerumunan dan Mengurangi Mobilitas,” tutupnya.

Sementara itu, Kapolres Palu AKBP Riza Faisal SIK, mengatakan bahwa, apa yang dilakukan oleh Polsek jajaran di wilayah Polres Palu, merupakan untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

Reporter: Djunaedi
Editor: Sudirman

Ayo tulis komentar cerdas