Home Palu

SMPN 3 Palu Gelar MPLS Lewat Kanal Youtube

Wiji Slamat. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – SMP Negeri 3 Palu melaksanakan Masa Penggenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang diselenggarakan secara daring melalui kanal Youtube belum lama ini. MPLS itu diikuti sebanyak 352 peserta didik baru.

Dalam MPLS ini, SMPN 3 Palu mengusung tema “Kita Tingkatkan Semangat Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 yang Berprestasi, Berkarakter, Berbudaya, Berwawasan Lingkungan dalam Iptek”.

Kepala SMPN 3 Palu, Wiji Slamat mengatakan, MPLS melalui kanal youtube ini telah disetting melalui editing video OBS studio.

“Kegiatan MPLS ini wajib diikuti oleh seluruh peserta didik baru, untuk lebih mengenal lingkungan dan warga sekolahnya yang baru. Selain itu tujuan MPLS ini untuk mempersiapkan mental siswa baru dalam memasuki lingkungan baru yang berbeda dari jenjang sebelumnya,” kata Wiji, melalui ponselnya, baru-baru ini.

Untuk itu, kata Wiji, melalui MPLS tersebut para peserta didik baru diharapkan dapat beradaptasi dan mengenal lingkungan sekolah barunya dengan baik, sehingga mampu menyesuaikan diri dengan suasana baru di lingkungan SMPN 3 Palu.

“Mengawali kegiatan Belajar Mengajar (KBM) seluruh peserta didik baru harus terlebih dahulu mengikuti kegiatan MPLS. Karena selama kegiatan ini diharapkan seluruh peserta didik baru memperoleh pengalaman yang menyenangkan, dengan mengenal teman-teman baru, senior, dan para tenaga pendidik dan kependidikan. Yang paling utama adalah lingkungan sekolah sebagai tempat belajar selama tiga tahun ke depannya,” jelasnya.

Wiji mengatakan, kegiatan MPLS ini untuk mengenali potensi diri peserta didik serta menemukan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai peserta didik baru.

“Interaksi positif antara peserta didik baru dan warga sekolah lainnya perlu dikembangkan melalui berbagai rangkaian kegiatan dan materi-materi menarik yang disajikan dalam MPLS tersebut,” ungkapnya.

Wiji mengungkapkan, adapun materi yang akan diberikan kepada peserta didik baru pada MPLS itu yakni materi tentang bela negara, tata tertib berlalu lintas, penanggulangan narkoba, adiwiyata, wawasan wiyata mandala, pengenalan kurikulum SMP melalui pembelajaran efektif secara daring, kemudian pengenalan intra dan ekstrakurikuler.

“Tentunya melalui berbagai materi yang disajikan ini diharapkan dapat mampu mengenali potensi diri para peserta didik baru serta mampu memberikan motivasi dan semangat bagi mereka,” ungkapnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas