Gubernur H Rusdy Mastura bersama Kepala BPKP Perwakilan Sulawesi Tengah, Evenri Sihombing di ruang kerja gubernur, Selasa (12/10). (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Di Sulawesi Tengah banyak perusahaan tambang beroperasi. Akan tetapi dana bagi hasil (DBH) kepada daerah masih kecil. Karena itu Pemprov Sulteng akan melakukan upaya rekonsiliasi dengan pemerintah pusat untuk meningkatkan DBH.

Hal itu terungkap dalam dialog Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura dengan Kepala BPKP Perwakilan Sulawesi Tengah, Evenri Sihombing di ruang kerja gubernur, Selasa (12/10).

‘’Daerah Sulawesi Tengah, daerah yang sangat kaya, banyak perusahaan tambang tapi DBH-nya hanya Rp181 miliar. Karena itu pemerintah daerah akan melakukan rekonsiliasi dengan Kementerian ESDM selanjutnya dengan Kementerian Keuangan,’’ kata Gubernur Rusdy Mastura.

Upaya lain yang akan dilakukan agar fiskal daerah meningkat adalah dengan melibatkan perusahaan daerah dalam mengolah kekayaan tambang di daerahnya. Menurut Rusdy Mastura perlu ada pembenahan secara menyeluruh yang memberikan peluang perusahaan daerah dalam pengelolaan tambang dan pengelolaan potensi daerah.

Dengan keterlibatan Perusda mengolah tambang diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan fiskal daerah.

‘’Jadi melihat kondisi yang ada sekarang perlu pembenahan menyeluruh dan rekonsiliasi terhadap peningkatan fiskal daerah, sehingga tahun 2023 kita harapkan adanya peningkatan fiskal daerah sebesar Rp1 triliun,’’ kata Gubernur.

Gubernur pada kesempatan itu meminta dukungan dan kebersamaan dengan BPKP untuk memberikan masukan dalam hal peningkatan fiskal daerah, penyusunan anggaran pemerintah daerah.

Kepala BPKP Perwakilan Sulawesi Tengah Evenri Sihombing mengatakan memang perlunya peningkatan fiskal daerah untuk percepatan pembangunan Sulawesi Tengah, di samping perlunya pengamanan aset daerah.

Evenri Sihombing juga mengatakan Pemprov Sulteng perlu meningkatkan anggaran belanja modal sampai 40 persen. Hal ini untuk mendukung visi dan misi gubernur dan wakil gubernur “Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah yang Lebih Sejahtera dan Lebih Maju”.

Kepala BPKP mengatakan, pihaknya siap untuk membantu dalam penyusunan perencanaan anggaran pemerintah daerah untuk mewujudkan visi misi tersebut. (ril/*)

Ayo tulis komentar cerdas