TANDA TANGAN - General Manager dari PT. Adhi Karya, bersama pihak dari PUPR saat melakukan penandatangan kontrak, disaksikan langsung oleh Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny Lamadjido, didamping Plt Direktur RSAP Palu, di salah satu Hotel di Palu, Kamis, 2 Desember 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)
  • Gunakan Teknologi Tahan Gempa dan Likuefaksi

Palu, Metrosulawesi.id – Penandatanganan kontrak pembangunan gedung Anutapura Medical Center (AMC) kini telah dilakukan oleh pihak pemenang tender dari PT. Adhi Karya (Persero) Tbk, yang disaksikan langsung oleh Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny Lamadjido, didampingi Plt Direktur RSAP Palu, drg. Herry Mulyadi, di salah satu Hotel di Palu, Kamis, 2 Desember 2021.

“Alhamdulillah setelah sekian lama kami menunggu, terkait anggaran dan konstruksi, saat ini tiba saatnya terjawab sudah untuk tanda tangan kontrak. Kemudian diperkirakan pembangunannya selesai akhir 2023. Jadi bangunannya itu menggunakan sistem teknologi, dan sistem tendernya mereka yang merancang sendiri dan mereka juga yang kerja,” jelas Herry.

Herry mengatakan, pembangunan AMC ini sesuai dengan standar-standar gedung rumah sakit, sehingga meskipun terjadi gempa, ruangan operasi tetap stabil.

“Gedung AMC yang akan dibangun ini merupakan gedung percontohan, dengan menggunakan teknologi base isolator, yang merupakan sebuah aplikasi kendali pasif yang sangat baik untuk meredamkan gaya gempa. Teknologi ini khusus di Jakarta masih jarang digunakan, bahkan di Indonesia timur pun belum ada, ini pertamakalinya menurut pihak dari PUPR,” katanya.

Kata Herry, Wakil Wali Kota Palu juga mengharapkan pembangunannya jangan terlalu lama, jika bisa Desember 2022 sudah bisa digunakan.

“Jadi proses awal tahun depan ini pekerja masih memesan alat teknologi yang bisa tahan gempa ataupun likuefaksi, yang akan dipasang dibangunannya, dan waktu pemesanan itu kurang lebih tiga bulan. Yang jelas 2022 di bulan ke empat itu sudah mulai proses pembangunannya, sebab alatnya itu dipesan,” ujarnya.

Menurut Herry, nantinya gedung AMC ini sudah sangat lengkap, ada ketambahan kurang lebih 140 tempat tidur. Kemudian IGD umum dan kandungan nantinya ada di lantai bawah, semua pelayanan rumah sakit akan ada di gedung tersebut.

“Semoga pihak pekerja PT Adhi Karya secepatnya merealisasikan pekerjaannya. Namun yang jelas pesan dari pemerintah pusat bahwa tidak perlu khawatir, karena uangnya sudah ada, ini yang sempat kami tunggu. Jadi tidak perlu takut. Bahkan secara teknisnya disebut pembayaran awal DP sudah dilakukan,” katanya.

Herry berharap semua warga Kota Palu bersoa agar pembangunan gedung AMC ini berjalan lancar.

“Rumah Sakit Anutapura ini akan menjadi kebanggaan Kota Palu nantinya, karena gedung yang dibangun ini menggunakan teknologi canggih dan terbaik di Sulawesi Tengah,” ungkapnya.

Sebelumnya, Herry mengatakan, rencananya gedung AMC dibangun lima lantai dan anggaran yang dikucurkan sebesar Rp264 miliar, bantuan dari Japan International Cooperation Agency (JICA).

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas