Trie Iriany Lamakampali. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah meminta petani, khususnya yang memiliki sumber pengairan lewat irigasi untuk senantiasa memelihara sumber air untuk menjaga pasokan mendukung usaha pertanian.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Provinsi Sulteng, Trie Iriany Lamakampali menerangkan bahwa hal itu untuk memitigasi gangguan yang disebabkan oleh badai la nina yang saat ini melintasi Sulteng.

“Mengantisipasi adanya la nina dengan cara memelihara jaringan irigasi agar usaha tani nya berjalan dengan baik. Harus membersihkan, mengamati dimana pintu-pintu air yang mungkin terganggu,” katanya belum lama ini

Namun demikian, para pendamping kelompok tani (poktan) yang berada di daerah juga harus proaktif mengingatkan, menjadi “alarm” agar petani lebih sigap dalam melakukan mitigasi pasokan air untuk kebutuhan pertanian.

“Kita juga harus mengingatkan para petani, menjadi kelompok terdepan untuk memberikan imbauan. Saya berharap, semua elemen harus bergerak terutama tim mentor tim rantai nilai pada program IPDMIP ini,” tutupnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas