MEMANTAU - Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, saat memantau pelaksanaan seleksi beasiswa luar negeri terhadap para pelajar SMA/SMK di Palu, belum lama ini. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Sebanyak ratusan siswa dari sejumlah SMA/SMK di Kota Palu mengikuti seleksi beasiswa kuliah luar negeri (LN) di Sampoerna Fondation University. Beasiswa tersebut merupakan program Pemerintah Kota Palu dalam memberikan pelayanan pendidikan yang lebih baik kepada para pelajar di Kota Palu.

Sebelumnya Pemerintah Kota Palu sudah menjalin kerjasama dengan pihak Sampoerna Fondation University untuk memberikan pendidikan kepada para pelajar di Kota Palu. Ada sebanyak 20 orang untuk tahap awal. Olehnya itu kuota tersebut harus benar-benar bisa dimanfaatkan oleh para pelajar di Kota Palu, harus mengikuti seleksi untuk bisa lolos mendapatkan kuota tersebut.

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid mengatakan, sudah melaksanakan seleksi kepada para siswa tingkat SMA/SMK di Kota Palu.

“Kami mencari para siswa yang memiliki prestasi untuk bisa mendapatkan beasiswa luar negeri. Intinya ketika mereka lolos seluruh biaya pendidikan akan ditanggung Pemerintah Kota Palu, sehingga diharapkan ke depannya akan bisa melahirkan berbagai generasi emas yang memiliki pendidikan di luar negeri,” kata Wali Kota Hadianto, di SMAN 2 Palu, belum lama ini.

Kata dia, proses seleksi para siswa dipusatkan di SMAN 2 Palu, nantinya mereka akan mengikuti ujian berbagai mata pelajaran.

“Setelah itu mereka akan mengumumkan hasil dari seleksi tersebut, sehingga Pemkot bisa menetapkan siapa siswa yang berhak lolos mendapatkan beasiswa tersebut,” ujarnya.

Hadianto mengatakan, pihaknya juga sudah menjalin kerjasama dengan pihak pemerintah provinsi untuk menyeleksi para pelajarnya. Sebab yang mengikuti seleksi ini merupakan para siswa SMA/SMK yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi.

“Tetapi kita tahu bahwa mereka juga merupakan para warga Kota Palu. Olehnya itu saya berharap seluruh siswa yang mengikuti seleksi itu bisa memaksimalkan ujian agar mereka bisa bersaing untuk lolos mendapatkan kuota yang telah ditetapkan. Ini merupakan kesempatan bagi seluruh pelajar karena bisa menjadi modal mereka ke depannya ketika lulus kuliah,” pungkasnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas