Home Donggala

Kios Inspektorat Libatkan Auditor, Jaksa dan polisi

PELUNCURAN - Inspektur Inspektorat Donggala, DB Lubis saat meluncurkan program Kios Inspektorat. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)

Donggala,Metrosulawesi.id – Inspektur Inspektorat Donggala, DB Lubis meluncurkan program Kios Inspektorat. Program ini nantinya diharap bisa membantu setiap OPD, kecamatan hingga ke tingkat desa yang tersebar di enam belas kecamatan yang ada di kabupaten Donggala.

“Kios Inspektorat ini didukung kendaraan operasional dan akan terus berjalan menjemput bola untuk memperbaiki dan memberi penjelasan tentang tata kelola keuangan baik di OPD, kecamatan, desa,” kata DB Lubis Kamis, 17 Juni 2021.

“Kios Inspektorat ini sifatnya preventif, kita tidak memakai langkah represif. Dalam mobil Kios Inspektorat ini ada tim dan bekerja secara simultan, memberikan konsultasi menanyakan apa masalah apa perlu bantu, kalau administrasi yang kurang baik kami bantu,” sebutnya lagi.

Ditambahkanya lagi program ini juga bagian dari MoU APIP dan APH yang salah satunya adalah penyelesaian administrasi, adapun yang sifatnya pidana itu upaya terakhir.

“Inilah Kios Inspektorat memberikan konsultasi, kami bersinergi dengan BPK, kepolisian, kejaksaan dan KPK. Tim ini akan dilantik bupati, ada sekber APIP dan APH untuk memperkuat klinik konsultasi ada auditor 3, jaksa 3, polisi tiga, semua persoalan yang berdampak hukum akan diolah di sini, kemudian keluarlah pendapat hukum APIP APH,” tuturnya.

DB Lubis berharap ke depan program Kios Inspektorat bisa dibuatkan dalam bentuk regulasi, artinya siapapun yang menjadi inspektorat ke depan wajib menjalankan program ini.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas