Home Hukum & Kriminal

1.652 Napi Dapat Remisi Idul Fitri

Sunar Agus. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) di wilayah Sulawesi Tengah akan mendapat pengurangan masa hukuman (remisi) khusus Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 M.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulteng telah menyampaikan usulan remisi khusus tersebut ke pemerintah pusat. Tercatat ada 1.652 napi beragama Islam diusul akan mendapat remisi Idul Fitri di Sulteng.

“Proses usul sudah selesai, sekarang lagi dalam proses, nanti beberapa hari menjelang lebaran sudah ketahuan jumlah pasti, menunggu keputusan dari Jakarta,” ungkap Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulteng, Sunar Agus, Selasa, 4 Mei 2021.

Mengacu tahun-tahun sebelumnya, Sunar menyebut keputusan pemberian remisi paling lambat keluar H-3 Idul Fitri. Napi yang berhak mendapat remisi harus memenuhi ketentuan berlaku berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

Selain itu, PP Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan, yang telah diubah menjadi PP Nomor 99 Tahun 2012 dan Keppres Nomor 174 Tahun 1999 tentang Remisi.

Syarat mutlak pemberian remisi kepada napi yaitu telah menjalani masa hukuman minimal 6 bulan dan tentunya harus berkelakuan baik. Tapi meski berkelakuan baik apabila belum menjalani hukuman selama 6 bulan, tentu tidak bisa menerima remisi.

Diketahui, pengurangan masa hukuman yang terbaru diberikan kepada para Napi beragama Hindu dalam rangka Hari Raya Nyepi 2021. Total ada 12 orang Napi telah menerima SK remisi di dearah ini. Sunar menyampaikan para napi tersebut mendapat remisi khusus nyepi tahun 2021.

“SK (surat keputusan) sudah diserahkan kepada masing-masing yang mendapat remisi. Ini remisi khusus penyerahannya tidak melalui upacara, yang pakai upacara remisi umum,” ucap Sunar kepada Metrosulawesi.

Remisi yang diberikan untuk pengurangan masa hukuman 1 bulan hingga 1 bulan 15 hari. Napi yang mendapat remisi atas berbagai kasus yang saat ini menjalani masa hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) di Sulteng.

Pada Agustus mendatang, Kemenkumham Sulteng juga akan memberikan remisi kategori umum dalam rangka memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia tahun 2021. Napi yang akan diusulkan mendapat remisi mencapai ribuan se-Sulawesi Tengah. Pengusulan nama-nama yang akan mendapat remisi HUT RI diproses mulai April mendatang. Remisi yang akan diberikan untuk pengurangan masa tahanan mulai 1 sampai 6 bulan (remisi umum I) hingga remisi umum II (bebas).

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas