LATIHAN - Dhea Fahikah Jumadi, saat mengikuti latihan di Dispusarda Sulteng, belum lama ini. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Dhea Fahikah Jumadi, 10 tahun, seorang siswi Kelas V SDIT Al Fahmi Palu, berhasil mewakili Provinsi Sulawesi Tengah mengikuti ajang Lomba Bertutur tingkat nasional. Persiapan demi persiapan dilakukan oleh Dhea untuk tampil dalam lomba yang akan dilaksanakan pada September secara virtual.

Ibunda dari Dhea, Ernawati Tamrin mengatakan, anaknya selalu berlatih baik di sekolah maupun di rumah.

“Saya terkadang menyuruh Dhea untuk selalu menghafal narasi yang akan dibawa pada lomba nanti. Walaupun sudah hafal, tetap namanya anak-anak terkadang lupa, sehingga biasanya saya ingatkan untuk hafalannya diulang-ulang,” kata Ernawati, sembari memberikan semangat kepada anaknya yang sedang latihan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulteng, Selasa, 2 Agustus 2021.

Ernawati mengaku, sejak mengenyam bangku sekolah, Dhea mulai memperlihatkan bakatnya.

“Anak saya ini cepat menangkap hafalan. Contohnya saja tiga lembar naskah sangat cepat dihafal. Bukan hanya menghafal, namun cara bertutur dalam menyampaikan narasi hafalan Dhea bisa berimprovisasi, sehingga saya menggangap bakatnya sudah sangat baik sekali, tinggal dikembangkan saja,” ujarnya.

Selain bakat bertutur, kata Ernawati, anaknya juga mempunyai bakat mengambar.

Dhea, anak  pasangan Jumadi Achmad dan Ernawati ini mempunyai cita-cita cukup besar, yakni ingin menjadi dokter.

“Saya berharap cita-cita anak saya bisa tercapai, dan di lomba bertutur ini saya berharap Dhea bisa meraih hasil yang terbaik yakni Juara 1,” ungkapnya.

Sementara itu, Guru SDIT Al Fahmi Palu, dan juga Pelatih Dhea, Muhamad Indrid mengatakan, Dhea kali ini akan mengambil tema “Bomba Talu” atau Ombak Besar yang pernah menerjang pesisir Teluk Palu.

“Dhea selalu menerima latihan, bahkan mentalnya kita sudah uji, lewat acara yang diadakan belum lama ini di SDIT Al Fahmi, Dhea kami tampilkan sehingga mentalnya telah terbentuk,” ujarnya.

Indrid mengatakan, Dhea akan latihan secara intens dalam waktu dekat ini. Namun jika sudah dekat waktu lomba misalnya seminggu lagi, maka latihan bakal dilakukan setiap hari. Untuk saat ini latihanya masih dua kali dalam seminggu.

“Saya bersama Dewan Guru di SDIT Al Fahmi berharap, Dhea dapat memberikan yang terbaik untuk sekolah dan provinsi Sulteng, tetap percaya diri sehingga bisa meraih prestasi terbaik menjadi Juara 1,” pungkasnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas