Home Poso

61 KK Korban Banjir Dibangunkan Rumah

7
PELETAKAN BATU - Bupati Poso dr Verna Inkiriwang menghadiri peletakan batu pertama pembangunan rumah pasca bencana di Desa Lengkeka Kecamatan Lore Barat. (Foto: Istimewa)

Poso, Metrosulawesi.id – Banjir bandang yang memporak-porandakan puluhan rumah warga di Desa Lengkeka Kecamatan Lore Barat yang terjadi 3 Maret 2020 mengakibatkan puluhan kepala keluarga kehilangan tempat tinggal. Banjir bandang saat itu juga mengakibatkan seorang Ibu rumah tangga meninggal setelah terseret arus.

Sudah setahun lebih hingga akhirnya Pemerintah Daerah Poso melalui APBD mengalokasikan anggaran bagi mereka yang terkena dampak bencana, sebanyak 61 KK dibangunkan rumah layak huni.

Bupati Poso dr Verna Inkiriwang dalam giat peletakan batu pertama pembangunan rumah pasca bencana di Desa Lengkeka Kecamatan Lore Barat kemarin mengatakan, kegiatan ini  merupakan bantuan Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR RI Ditjen Perumahan.

“Patut  kita syukuri sebagai berkat Tuhan bagi daerah kita yang selalu mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi. Karena itu kita segera merealisasikannya dan saya ajak masyarakat terus mendukung seluruh Program Kerja Pemerintah yang dilaksanakan di daerah termasuk wilayah Kecamatan bahkan pelosok pedesaan,” ungkap Bupati Poso.

Bupati berpesan kepada pelaksana pembangunan rumah pasca bencana agar mengerjakan sesuai Bestek serta mengikuti juklak  dan juknis  sesuai aturan yang ditentukan. Sehingga masyarakat yang menempati rumah bantuan ini merasa aman dan nyaman karena pembangunannya dikerjakan sesuai ketentuan yang ada.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Alfred Suangga, ST., M.Si, kepada wartawan Selasa, 4 Mei 2021 menjelaskan,  bahwa pembangunan rumah pasca bencana Desa Lengkeka berjumlah 61 unit rumah dan ini sesuai dengan hasil validasi yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Poso terhadap 61 KK yang kehilangan tempat tinggal ketika terjadi bencana.

Selanjutnya dilaporkan bahwa sesuai dengan hasil koordinasi dengan Badan penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Poso dan Pemerintah Kecamatan Lore Barat serta Pemerintah Desa Lengkeka dan tokoh-tokoh masyarakat, maka 61 KK yang terdampak bencana sepakat direlokasi di lokasi Padang Manitu Lore Barat untuk mengantisipasi kejadian serupa terjadi di kemudian hari.  Dilaporkan pula bahwa lokasi tanah pembangunan 61 unit rumah adalah tanah milik pemerintah Desa Lengkeka yang merupakan bagian rencana pengembangan kawasan pemukiman penduduk Desa Lengkeka sebagai ibu kota Kecamatan Lore Barat.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas