Fauziah. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)

Donggala, Metrosulawesi.id – Memasuki tahun 2022 ini, 79 desa dari 158 desa yang tersebar di 16 kecamatan akan melakukan pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak.

Dari 79 desa yang melakukan pilkades serentak terbanyak di wilayah Kecamatan Banawa Selatan yakni 12 desa. Sedangkan Banawa hanya 3 desa.

Adapun 12 desa di Banawa Selatan yang akan pilkades serentak yakni Bambarimi, Lalombi, Lumbumamara, Lumbutarombo, Malino, Ongulara, Salumpaku, Surumana, Tanah Mea, Tologano, Tosale dan Watau.

Sedangkan tiga desa di Kecamatan Banawa, yakni Desa Loli Dondo, Loli Oge, dan desa Loli Tasiburi.

“Pilkades serentak di tahun 2022 ini akan dilakukan di 79 desa. Sekarang sudah masuk tahapan, untuk voting day belum bisa kami tentukan waktunya, karena masih ada rapat lagi, tetapi kami menjadwalkan pelaksanaan pilkades serentak itu antara bulan Juni dan Juli,” kata Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Donggala, Fauziah, di kantornya, Selasa, 4 Januari 2022.

Mantan Kabag Humas Pemkab Donggala ini menjelaskan, penganggaran pilkades serentak 2022 awalnya diusulkan sebesar Rp6 miliar, tetapi yang disepakati hanya Rp3 miliar saja.

Dana Rp3 miliar ini katanya lagi akan digunakan dari proses tahapan hingga voting day yang diperkirakan antara bulan Juni dan Juli.

“DD/ADD tidak bisa membiayai pilkades serentak, jadi kita menggunakan dana hibah yang awal pembahasan kami ajukan 6 miliar, tetapi hanya disetujui 3 miliar saja, dana 3 miliar inilah yang kita gunakan di tahapan yang sedang berlangsung hingga voting day,” tuturnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas