Kedua pelaku (depan), saat diamankan di Mapolsek Palu Barat. (Foto: Istimewa)
  • Sempat Jalani Diversi, Dua Pelaku Jambret di Jalan Zebra Kembali Ditahan

Palu, Metrosulawesi.id – Dua terduga pelaku jambret  AL alias IF (16) dan CI alias KO (17) yang aksinya tertangkap warga di Jalan Zebra, kota Palu baru-baru ini, sempat bernafas lega. Karena kasus penjambretan yang menjerat telah diselesaikan melalui upaya diversi, mengingat keduanya masih anak di bawah umur.

Namun, nafas lega yang mereka rasakan, tidak berselang lama. Karena keduanya kembali diamankan di Unit reskrim Polsek Palu Barat. Ternyata kedua pelaku yang masih berstatus anak di bawah umur, telah banyak melakukan catatan kriminal dan sudah lama menjadi incaran pihak kepolisian, khususnya pihak Polsek Palu Barat.

Keduanya kembali diamankan karena dugaan melakukan aksi kejahatan yang terjadi di puluhan tempat kejadian perkara (TKP) yang berbeda. Kedua pelaku yang berstatus pelajar di salah satu SMP di Kabupaten Sigi ini, ternyata diduga telah melakukan kejahatan Curanmor, Pencurian Ternak dan Jamret, sebagaimana yang terungkap dari hasil pemeriksaan keduanya.

Kapolsek Palu Barat, Iptu Rustang SH, saart di konfirmasi Wartawan Metrosulawesi, Jumat 14 Januari 2022, membenarkan pihaknya mengamankan AL alias IF dan CI alias KO, pada Rabu 12 Januari 2022, setelah keduanya mendapat perlakukan Diversi dari kasus Jambret, yang di tangani Polsek Palu Selatan.

“Hingga, Tim Unit Reskrim Polsek Palu Barat, yang dipimpin Ipda Maulana Rahman S.Tr.K, sebagai kanitnya, mendapatkan bukti bahwa kedua pelaku juga melakukan aksi jahatnya di 30 TKP yang berbeda di wilayah Kota Palu dan kabupaten Sigi,” ungkapnya.

Rustang juga mengatakan, dari pemeriksaan awal, kedua pelaku melakukan aksi pencurian motor, di 13 TKP, ntuk kasus Jambretada 8 TKP dan kasus pencurian ternak sperti Kambing dan Domba ada 9 TKP, yang kesemuanya lokasinya berada di wilayah Kota Palu dan Kabupetn Sigi. 

“Untuk pelaku AL alias IF, pada bulan Oktober 2021, juga sudah pernah di tahan di Polsek Marawola dalam Kasus pencurian ternak, namun karena masih di bawah umur, juga mendapatkan Diversi,” ujarnya.

Kapolsek Palu Barat, menguraikan untuk barang bukti yang berhasil diamankan dari kedua pelaku, yakni Tiga Unit Sepeda Motor berbagai Merk, dan untuk barang bukti lainya masih dilakukan penelusuran.

“Saat ini keduanya masih terus dilakukan pemeriksaan oleh penyidik, untuk mengungkap keberadaan barang bukti lainnya,” ungkapnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Sudirman

Ayo tulis komentar cerdas