PEMBANGUNAN TAHAP II - Peletakan batu pertama pembangunan tahap dua SSB di Sigi dilakukan Pimpinan Media Group Ali Sadikin. (Foto: Istimewa)

Ruang Kelas dan Asrama Ditarget Selesai Juni

Sigi, Metrosulawesi.id – Pembangunan Sekolah Sukma Bangsa (SSB) di Kabupaten Sigi memasuki tahap dua. Sekolah yang dibangun oleh Yayasan Dompet Kemanusiaan Media Group itu kembali bangun ruang kelas, asrama, ruang bersama, perpustakaan dan masjid.

Peletakan batu pertama pembangunan tahap dua sekolah tersebut dilakukan oleh Ali Sadikin, Pimpinan Media Group, Rabu, 12 Januari 2022.

“Tadi kita saksikan peletakan batu pertama pembangunan tahap dua sudah dilakukan oleh pak Ali Sadikin,” ungkap Iwan Kepala Tata Usaha SSB Sigi kepada media ini.

Ruang kelas, dan asrama untuk siswa ditarget bisa digunakan pada Juni 2022 atau sebelum semester akan datang.

“Seperti yang yang disampaikan pak Ali Sadikin, ruang kelas dan asrama harus selesai dan dapat digunakan oleh siswa,” katanya.
Diketahui Sekolah Sukma Bangsa Sigi merupakan sekolah atas donasi masyarakat yang dikumpulkan oleh Yayasan Dompet Kemanusiaan Media Group.

Sekolah ini dibangun untuk memberikan akses pendidikan bagi anak-anak terdampak gempa, tsunami, dan likuifaksi pada 28 September 2018 silam.

Sekolah yang dibangun di lahan seluas empat hektare memiliki sejumlah fasilitas seperti ruang kelas, asrama, ruang guru, labor, lapangan olahraga, dan area ruang hijau.

Untuk pembangunan tahap kedua ini, Yayasan Media Group mengalokasikan dana sejumlah Rp7 miliar, yang juga masih berasal dari sumbangan masyarakat Indonesia. Sementara pada tahap pertama, pembangunan telah menggunakan dana sebesar Rp31 miliar dengan mendirikan beberapa gedung belajar, rektorat, asrama putri, ruang bersama, kantin dan laboratorium.

Selain itu, di lokasi lahan sekolah seluas 4 Hektar, yang telah diwakafkan Hj Nilam Sari Lawira itu, juga akan dibangun satu masjid yang diwakafkan Bapak H Surya Paloh, yang nantinya akan diberi nama Masjid Nursiah Daud Paloh.

Karena situasi sedang pandemi, acara peletakan batu pertama tersebut dibuat sangat sederhana, tidak melibatkan orang banyak sebagai undangan. Hanya ada pihak sekolah, Babinsa dan Bhabinkamtimbas di desa setempat, pengawas lapangan, serta perwakilan pekerja pembangunan sekolah tahap kedua.

Dalam kesempatan itu, Ketua Yayasan Media Group dan Direktur SBB Sigi, Nurhayati menyampaikan rasa terima kepada seluruh donatur, dan semua pihak yang turut mendukung keberadaan dan keberlangsungan dunia pendidikan di SBB Sigi.

“Kami sangat berterima kasih kepada semua donatur dan pihak-pihak yang turut mendukung Sekolah Sukma Bangsa Sigi. Trima kasih juga kepada orang tua yang mempercayakan anak-anaknya dalam pengawasan kami. Kami berharap pembangunan tahap kedua ini selesai sesuai target, atau sebelum tahun ajaran baru Juli mendatang,” harap Nurhayati.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi – Djunaedi
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas