Syam Zaini. (Foto: Istimewa)
  • SMAN 4 Palu Lebih Awal Terapkan

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala SMA Negeri 4 Palu, Syam Zaini mengungkapkan, di 2022 ini memang Mendikbud RI, Mas Nadiem Makarim meluncurkan kurikulum prototipe untuk jenjang SMA.

“Kurikulum prototipe ini bagi SMAN 4 Palu tidak menjadi masalah, karena memang sekolah kami adalah Sekolah Penggerak. Jadi bagi kami kurikulum tersebut sudah dilaksanakan, bahkan dari tujuh SMA di Sulteng, SMAN 4 Palu itu adalah Sekolah Penggerak yang pertama menerapkan kurikulum tersebut,” jelas Syam Zaini, melalui ponselnya, Rabu, 12 Januari 2022.

Menurut Syam Zaini, di tahun ajaran baru 2021 kemarin SMAN 4 Palu sudah menerapkan kurikulum prototipe.

“Jadi khusus untuk Kelas X memang sudah tidak ada jurusan IPA dan IPS, sehingga mereka akan memilih mata pelajaran sesuai keinginannya, kecuali Kelas X yang sebelumnya telah dibagi memang jurusanya,” ungkapnya.

Kata Syam Zaini, kurikulum prototipe yang dimaksud Mendikbud itu, tentunya ingin mewujudkan profil pelajar Pancasila tiga hingga empat tahun ke depan. Jadi di 2024 diharapkan bahwa Indonesia khususnya Sekolah Penggerak yang menggunakan kurikulum prototipe itu bisa mewujudkan profil pelajar Pancasila.

“Salah satunya adalah berbudaya, berkarakter, kemudian memiliki sikap toleransi, saling menghargai, inovatif dan kreatif, kemudian semangat gotongroyong, itu yang dikehendaki oleh kurikulum ini,” ujarnya.

Olehnya itu, kata Syam Zaini, sebagai garda terdepan di pendidikan, SMAN 4 Palu sangat mendukung dan harus mensukseskannya. Namun perlu diingat, ini bukan hanya tanggungjawab semata sekolah, tetapi ini merupakan tanggungjawab semua pihak. Pemerintah pusat telah menggulirkan, tentunya harus disambut dan dikolaborasi dengan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, serta masyarakat.

“Jadi jangan biarkan sekolah sendiri melakukannya, karena impossible (mustahil). Maka dari itu harus didukung oleh semua pihak, tentunya dalam hal ini pemerintah provinsi sebagai ujung tombak, dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,” pungkasnya.

Menurut Syam Zaini, untuk kurikulum 2013 saat ini masih berlaku di kelas IX dan XII, jadi kurikulum ini dihabiskan. Sehingga kelas X ini yang terapkan kurikulum prototipe.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas