Soim Anwar. (Foto: Ist)
  • Ketambahan Kuota Siswa Baru

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kota Palu, Soim Anwar mengungkapkan, Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Tahun Pelajaran 2022/2023 akan segera dibuka pada Januari mendatang.

“Seleksi nasional peserta didik baru ini akan dimulai dari sosialisasi pada 3 Januari hingga 14 Februari 2022, sementara pendaftaran jalur tes atau online dimulai pada 10 Januari hingga 14 Februari 2022,” kata Soim, melalui ponselnya, Rabu, 29 Desember 2021.

Kemudian kata Soim, pendaftaran jalur prestasi dimulai 10 Januari -7 Februari 2022. Sedangkan seleksi pelaksanaan Tes CBT dilaksanakan pada 26 -27 Februari 2022, dan akan diikuti oleh siswa SMP dan MTS negeri maupun swasta yang duduk di kelas 9 di seluruh Indonesia.

“SNPDB MAN IC Palu ini merupakan salah satu instrumen untuk menjaring calon peserta didik yang potensial ditinjau dari sisi akademik, keagamaan, kepribadian, dan kesehatan, sehingga diharapkan dapat mengikuti pendidikan secara optimal di madrasah dengan sistem berasrama,” jelasnya.

Di samping itu, kata Soim, SNPDB MAN IC diharapkan dapat menjaring peserta didik yang berpotensi, yang dapat dilihat dari beberapa indikator materi yakni materi seleksi calon peserta didik baru diantaranya, tes potensi belajar selama 90 menit meliputi kepribadian, kemampuan numerik, verbal, dan logika atau penalaran.

“Kemudian tes akademik selama 120 menit untuk bidang studi, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab,” ungkapnya.

Saat ini kata Soim, terdapat 23 lokasi MAN IC di seluruh Indonesia. Dari 23 MAN Insan Cendekia tersebut, total daya tampung siswa yang bisa diterima berjumlah 2.236 putra dan putri.

“Alhamdulillah, MAN Insan Cendekia Kota Palu sendiri mendapat tambahahan kuota dari 96 siswa, kemudian tahun pelajaran 2022-2023 ini bertambah menjadi 120 siswa-siswi. Yang terdiri dari 60 siswa putra dan 60 siswa putri,” ujarnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas