Ketua Komite II DPD RI, senator asal Sulteng, Lucky Semen (kanan) dalam pertemuan dengan jajaran Pemprov Sulteng, pekan lalu. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Jaringan listrik PLN rupanya belum terkoneksi ke pompa air PDAM Kota Palu yang ada di Vatutela.

Hal itu menjadi penyebab krisis air bersih di lokasi hunian tetap (Huntap) Tondo di Kota Palu. Krisis air juga dilaporkan dialami huntap Pombewe, Kabupaten Sigi.

Krisis air bersih ini merupakan salah satu poin aspirasi yang diterima Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, sehingga melakukan kunjungan kerja di Palu pekan lalu (12/11).

“Itulah permasalahan yang jadi pokok kehadiran kami di Sulawesi Tengah dan setiap masalah harus cepat diadvokasi DPD RI,” kata Ketua Komite II DPD RI, senator asal Sulteng, Lucky Semen dalam pertemuan dengan jajaran Pemprov Sulteng, pekan lalu.

Dari penyampaian Pemerintah Kota Palu maupun Kabupaten Sigi serta penjelasan dari balai teknis Kementerian PUPR, bahwa letak persoalan justru lebih banyak di Kota Palu.

Persoalan yang mencuat misalnya jaringan listrik PLN belum terkoneksi ke pompa air PDAM Palu di Vatutela.

Akibatnya jika energi listrik yang dihasilkan oleh solar cell terganggu cuaca maka otomatis pompa tidak bekerja dan membuat air tidak mengalir ke huntap Tondo 1.

Masalah lain yang dikeluhkan yaitu tidak adanya water meter induk untuk mengetahui total air yang diproduksi instalasi Vatutela.

Sementara di huntap Pombewe, Sigi, berdasarkan keterangan Sekda Sigi tidak mengalami kendala berarti terkait air karena kesiapan armada mobil tangki yang rutin memasok air ke rumah-rumah warga.

Ditambah lagi untuk rencana jangka panjang katanya, jaringan air dari Paneki dan bora dalam fase pembangunan dan siap memasok air ke Pombewe akhir tahun ini.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas