ILUSTRASI - Xiaomi. (Foto: Istimewa)

XIAOMI  dikenal sebagai salah satu brand penghasil ponsel berspesifikasi tinggi tetapi harganya murah. Setiap tahunnya, selalu ada ponsel jenis baru yang dirilis. Seperti pada Oktober 2021, mereka merilis varian terbaru bernama Xiaomi 11T Pro.

Varian ini memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni. Bahkan bisa dibilang sebagai salah satu ponsel flagship yang wajib dibeli. Apalagi saat masuk di Indonesia, versi Pro ini dibanderol dengan harga yang cukup menarik.

Informasi lebih lanjut tentang spesifikasi dari Xiaomi 11T Pro beserta dengan harganya, Anda bisa menyimak selengkapnya di bawah ini.

1. Desain dan Handling

Secara desain, ponsel ini terlihat tidak ‘murahan’ seperti layaknya Xiaomi versi low end. Biasanya ponsel jenis itu menggunakan bodi yang terbuat dari plastik. Khusus pada ponsel ini bagian bodi bagian depan dan belakang berbahan kaca. Sementara itu, kerangkanya memakai aluminium.

Untuk dimensi, Anda akan mendapatkan ponsel yang berukuran 164.1 x 76.9 x 8.8 mm atau 6,67 inci. Sementara itu untuk berat ponsel sekitar 200 gram.

Dengan spesifikasi tersebut, ponsel cukup mudah untuk digenggam. Handling cukup sempurna sehingga cocok sekali untuk Anda yang bekerja atau sekedar streaming. Selanjutnya, jika digunakan untuk bermain game juga sempurna dan tidak membuat tangan cepat lelah.

2. Chipset, RAM, dan Internal

Salah satu alasan seseorang membeli ponsel Xiaomi adalah spesifikasi bagian dalam atau jeroan yang cukup mumpuni. Pada Xiaomi 11T Pro, Anda akan mendapatkan chipset  berupa Qualcomm Snapdragon 888 5G. Sementara itu, CPU memakai Octa core dan GPU Adreno 660.

Membicarakan chipset tidak akan lengkap jika tidak membahas tentang RAM. Versi terendah dari ponsel ini memiliki RAM 8GB. Sementara itu untuk versi yang lebih tinggi RAM yang ditawarkan sekitar 12 GB.

Untuk menemani spesifikasi “dewa” ini, memori internal yang ditawarkan mulai dari 128 GB dan yang paling besar adalah 256 GB. Satu hal yang cukup disayangkan dari ponsel ini adalah tidak disediakan slot memori eksternal.

3. Baterai dan Fast Charging

Ponsel dengan spesifikasi tinggi tidak akan berguna apabila baterai yang digunakantidak memiliki daya tinggi. Selain itu, jika baterai tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal juga menjadi boros

Ponsel ini menggunakan baterai dengan daya 5.000 mAh. Dengan ukuran ini sebenarnya sudah sangat cukup untuk dipakai menjalankan berbagai jenis aktivitas. Namun, bisa terkuras dengan HP apabila sering tersambung ke internet.

Asal tidak sering dipakai untuk download atau untuk bermain game dengan kualitas HD, baterai akan aman. Selain itu, kemungkinan besar juga akan sedikit hangat apabila digunakan untuk aktivitas yang intens.

Ponsel ini dibekali dengan kemampuan pengisian cepat. Setidaknya saat diisi selama 10 menit baterai akan menjadi 72%. Selanjutnya kurang dari 20 menit baterai akan penuh.

4. Kamera dan Video

Salah satu daya tarik terbesar dari ponsel baru ini adalah kamera belakangnya yang memiliki resolusi cukup tinggi. Kamera belakang terdiri dari tiga kombinasi kamera yang terdiri dari 1 kamera 108 MP, lalu sisanya berturut-turut 8 MP dan 5 MP.

Sementara itu untuk kamera depan yang digunakan untuk selfie atau vlogging memiliki ukuran 16 MP.

Kamera utama bisa digunakan untuk mengambil foto dan juga video dengan resolusi 8K. Sementara itu untuk kamera depan resolusinya bisa mencapai 1080p.

5. Sistem Operasi

Xiaomi 11T Pro menghadirkan sistem operasi Android versi 11. Sementara itu untuk tampilan dan sistem lokal sudah menggunakan MIUI 12.5.

Kombinasi dari dua sistem tersebut akan membuat kinerja dari ponsel berjalan dengan baik. Meski demikian beberapa orang mengkhawatirkan bug yang muncul dari versi MIUI terbaru.

6. Konektivitas

Secara umum konektivitas dari ponsel ini hampir sama dengan jenis yang lain. Semua sensor lengkap dan juga sudah ada Wifi varian paling baru. Ponsel ini juga sudah mendukung 5G serta memiliki sensor NFC.

7. Harga Ponsel

Harga ponsel Xiaomi 11 Pro sebenarnya tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan iPhone. Di pasaran harga dari ponsel ini sekitar Rp 11-12 juta. Dengan harga ini tentu konsumen yang ditargetkan menengah ke atas.

Harga ini mungkin sedikit membuat pencinta Xiaomi kaget. Apalagi selama ini ini Xiaomi dikenal selalu menghadirkan ponsel dengan harga yang cukup masuk akal. Namun, apabila dilihat dari spesifikasinya sebenarnya sudah cukup sesuai.

Ponsel ini memang dikeluarkan untuk pasar kelas atas. Apalagi saat ini Xiaomi sudah menjadi salah satu penguasa market share ponsel baik kategori bawah atau tengah. Kemungkinan besar kategori kelas atas juga ingin digasak.

Seperti yang sudah dibahas di atas, varian 11T Pro merupakan versi Pro atau upgrade. Jadi, secara kualitas mengalami peningkatan yang besar. Dibandingkan dengan varian Xiaomi lainnya, ponsel ini bisa dianggap sebagai juaranya.

Itulah kenapa apabila ingin membeli ponsel akhir tahun ini, Xiaomi 11T Pro bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi saat ini, stok dari HP ini Blibli sudah cukup banyak dan bisa langsung dibeli online. Jadi, tunggu apa lagi? Segera beli, sebelum versi baru muncul lagi tahun depan.(*)

Ayo tulis komentar cerdas