LOMBA FINAL - Dua siswa MAN IC Palu saat mengikuti final di ajang Competition On Mathematical Science (COMIC) Tadulako ke-6 Tahun 2021, belum lama ini. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Dua peserta didik Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Palu berhasil meraih Juara 1 di ajang Competition On Mathematical Science (COMIC) Tadulako ke-6 Tahun 2021.

Menurut Kepala MAN IC Palu, Soim Anwar, prestasi itu adalah kali ketiga diraih oleh MAN IC Palu, yang merupakan madrasah unggulan Kanwil Kemenag Sulteng, yakni pada 2019 siswa berhasil raih Juara 1, pada 2020 sempat lepas Juara 1 namun masuk tiga besar, dan kali ini di tahun 2021 kembali merebut posisi Juara 1.

“COMIC Tadulako adalah kompetisi ilmu matematika yang cukup bergengsi, yang tiap tahun dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika Untad Palu, terbuka untuk semua Sekolah Menengah Atas dan Aliyah, baik di Sulawesi Tengah maupun di Sulawesi Barat,” jelas Soim, di Palu, belum lama ini.

Kata dia, di babak final yang belum lama ini diselenggarakan diikuti sebanyak enam tim, diantaranya tim dari MAN IC Palu, diwakili Mohammad Faryansyah Hidayat kelas XII dan Adinda Nurmusyarafah Syam kelas XI yang berhasil mengumpulkan poin 94,225, mengalahkan tim dari SMA Al-azhar Mandiri Palu, Mohammad Fajar Maulid dan Ryker Felix Horiono yang hanya mengumpulkan poin 93,625.

“Tentunya saya memberikan apresiasi dan terimakasih atas capaian prestasi tersebut. Ia berharap kedua peserta didiknya itu terus mengasah kemampuan dan tidak mudah berpuas diri atas capaian prestasinya itu. Mempertahankan prestasi jauh lebih berat dari pada merebut. Ingat tahun lalu pernah lepas Juara 1. Oleh karena itu terus asah kemampuan, jangan mudah berpuas diri,” ujar Soim.

Soim juga mengucapkan terimakasih atas dukungan, doa, dan support dari semua warga MAN IC Palu, terutama kepada guru pendampingnya.

“Tentu ini tidak lepas dari dukungan dan doa seluruh keluarga besar dari MAN IC Palu, sehingga memudahkan ananda Mohammad Faryansyah Hidayat dan Adinda Nurmusyarafah Syam dalam menyelesaikan kompetisi itu dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Guru Pendamping kedua siswa tersebut, Ismail Rahim mengatakan, di tengah keterbatasan karena pandemi Covid-19, peserta didiknya masih mampu menunjukan sebuah prestasi merebut kembali juara 1 yang sempat lepas tahun sebelumnya.

“Di tengah kondisi keterbatasan itu tidak menyurutkan semangat berkompetisi, dan saya berharap ini terus dipertahankan dan ditingkatkan di kompetisi-kompetisi berikutnya. Kebetulan kedua peserta didik kami ini memang menunjukkan kemampuan di bidang Matematika, ini perlu terus diasah dan dikembangkan,” katanya.

Ismail berharap, peserta didik lainnya ikut termotivasi tampil menunjukkan kemampuanya masing-masing. Apalagi MAN IC Palu memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengasah diri sesuai kemampuan untuk menunjukan prestasi.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas