TINJAU VAKSINASI - Bupati Morowali Utara dr. Delis Julkarson Hehi (kiri) saat meninjau vaksinasi Covid-19. (Foto: Dok)

Morut, Metrosulawesi.id – Bupati Morowali Utara (Morut), dr Delis Julkarson Hehi meminta kepada masyarakatnya untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), mekipun angka kasus Covid di daerahnya terus menurun.

“Jangan lengah. Singapura saja yang tadinya kasus Covid-19 sudah turun, kini tampak naik lagi,” katanya kepada wartawan, di Morut, Sabtu 16 Oktober 2021.

Dia juga meminta kepada masyarakat untuk ikut mensukseskan program vaksinasi Covid yang sedang dilakukan pemerintah saat ini. Saat ini katanya, ada pihak yang sengaja menyebarkan hoaks yang seolah-olah vaksinasi itu mengancam keselamatan.

“Kalau ada yang bilang vaksinasi Covid berakibat macam-macam, jangan percaya. Jangan terpengaruh dengan hoaks,” kata Delis.

Delis menilai berita hoaks tersebut telah memengaruhi pencapaian angka vaksinasi. Capaian vaksinasi lambat terwujud, yang pada akhirnya berdampak pada penurunan level status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Morut.

Sebelumnya, Kabupaten Morut telah mengalami penurunan status PPKM dari Level 4 ke leval 2. Penurunan level itu kata Delis, merupakan bukti kerja sama semua pihak, termasuk masyarakat dalam menjalankan prokes secara ketat.

Dikutip dari Pusdatina Covid Sulteng, hingga Sabtu 16 Oktober 2021, jumlah kasus Covid mencapai 46.810 kasus. Pada hari Sabtu itu terjadi penambahan sebanyak delapan kasus. Penambahan terjadi di Kabupaten Buol sebanyak tiga kasus, kemudian Poso dua kasus, dan Morut, Sigi, dan Bangkep masing-masing satu kasus. Sebagian besar kabupaten di Sulteng nol penambahan kasus baru.

Sampai Sabtu kasus aktif Covid di Sulteng sebanyak 292 kasus atau tinggal 0,62 persen dari total warga yang terpapar Covid. Angka ini menurun dibandingkan sehari sebelumnya yang mencapai 327 kasus aktif.

Dikutip dari rilis, Juru bicara Pusdatina Covid Sulteng, Adiman menyebutkan, 292 pasien Covid tersebut dirawat di sejumlah fasilitas kesehatan di daerah. Antara lain; di Kabupaten Banggai Kepulauan 59 orang, Poso 46 orang, Morowali Utara 42 orang, di Tolitoli 25 orang, di Kota Palu 18 orang, Kabupaten Banggai 16 orang, dan Morowali 13 orang.

Pasien Covid yang sembuh terus meningkat. Pada Sabtu lalu terjadi penambahan pasien Covid yang sembuh sebanyak 42 orang. Total pasien Covid yang berhasil disembuhkan kini sebanyak 44.938 atau 96 persen dari total yang terkena Covid.

Adiman mengimbau kepada masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan, dan melakukan vaksinasi.

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas