VAKSINASI - Kepala MAN IC Palu, Soim Anwar, didampingi Kanit Intel Polsek Palu Utara, Ipda Yahya, saat memantau pelaksanaan vaksinasi siswa, di Auditorium MAN IC Palu, Senin, 18 Oktober 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)
  • MAN IC Palu

Palu, Metrosulawesi.id – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kota Palu menggelar vaksinasi merdeka untuk para siswa-siswi di Madrasah tersebut. Kegiatan yang bekerjasama dengan pihak TNI, Polri, dan Puskesmas Mamboro itu dialksanakan di Auditorium MAN IC Palu, Senin, 18 Oktober 2021.

“Dari 265 siswa di MAN IC Palu ada sebanyak 144 peserta didik telah mengikuti vaksinasi secara mandiri, dengan rincian siswa yang sudah selesai vaksinasi tahap II ada sebanyak 72 orang, sementara vaksin tahap I juga 72 siswa. Namun untuk yang belum divaksin baik tahap I maupun II ada sebanyak 121 santri yang hari ini (kemarin-red) akan mengikuti vaksinasi tersebut,” kata Kepala MAN IC Palu, Soim Anwar, usai memantau pelaksanaan vaksinasi.

Selain itu, kata Soim, bagi siswa yang tidak lolos screening karena miliki riwayat penyakit, atau karena tidak diizinkan orangtuanya mengikuti vaksinasi, pihaknya tidak dapat memaksakannya, karena itu hak masing-masing orang tua, sekolah tidak bisa ikut campur.

“Yang tidak mengantongi izin dari orang tua tidak terlalu banyak sekitar lima orang saja, dan sekali lagi kami dari pihak Madrasah tidak dapat memaksakan. Yang jelas kami berharap beberapa siswa ini dapat segera ikuti vaksinasi, agar dalam mengikuti Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) bisa aman dan tidak mudah terpapar Covid-19,” jelas Soim.

Soim mengatakan, siswa yang sudah ikuti vaksinasi secara mandiri itu berasal dari berbagai daerah baik di 13 kabupaten dan kota di Sulteng, maupun provinsi lainnya. Tentunya saat pembelajaran daring lalu, ada yang pulang ke kampungnya masing-masing, seperti di Provinsi Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Kalimatan Timur, dan pastinya syarat untuk keluar daerah harus divaksin dan PCR.

“Selain itu juga dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas, protokol kesehatan (Prokes) secara ketat kami sangat terapkan. Jadi kami berharap vaksinasi ini berjalan lancar, sehingga imunitas siswa aman dalam ikuti belajar tatap muka di sekolah. Alhamdulillah juga para siswa kami yang ikuti vaksinasi ini dalam keadaan sehat walafiat,” ujarnya.

Sementara itu, Kanit Intel Polsek Palu Utara, Ipda Yahya mengatakan, kegiatan vaksinasi tersebut sesuai perintah pimpinan untuk seluruh lapisan masyarakat, bukan hanya kepada masyarakat biasa, namun diupayakan juga pelajar di sekolah.

“Sehinggga kami selalu berkoordinasi kepada pihak sekolah agar siswa-siswi yang sudah berhak atau memenuhi syarat untuk divaksin agar segera dilakukan, sehingga herd immunity bisa tercapai,” ungkapnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas