Agus Salim. (Foto: Metrosulawesi/ Zulfikar)

Parimo, Metrosulawesi.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Parigi Moutong bersama Badan Perlindungan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan melakukan kerjasama sosialisasi tentang tindak lanjut Inpres yang mengatur tentang kewajiban setiap penyelenggara Pemerintah untuk terlibat dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sejak Selasa 12 Oktober hingga 16 Oktober 2021 mendatang, yang bertempat di SMK Negeri 1 kecamatan Taopa. Hal itu diungkapkan Agus Salim selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, melalui ponselnya, Rabu 13 Oktober 2021.

Dia mengatakan, bahwa sasaran kegiatan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan tersebut ialah seluruh Pemerintah Desa yang ada di Parigi Moutong. Anggaran untuk iuran BPJS Ketenagakerjaan tersebut nantinya teranggarkan di Dana Desa (DD) tahun 2022.

Selain sosialisasi juga dilaksanakan secara bersamaan pelatihan sistem keuangan desa sekaligus sosialisasi sistem pengawasan keuangan desa.

“Kegiatan pelatihan sistem keuangan desa dan sosialisasi sistem pengawasan keuangan desa tersebut, peserta pelatihan dilatih langsung oleh Tim Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah sebanyak 4 orang,” tutur Agus.

Agus menambahkan, kegiatan sosialisasi tersebut dibagi menjadi enam cluster dengan maksud menghindari kerumunan serta tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid 19 pada setiap kegiatan, mengingat jumlah peserta kegiatan tersebut sangat banyak.

“Karena Satu desa ada tiga peserta dan yang dari kecamatan lima peserta. Semoga dengan diadakannya pelatihan tersebut akan meminimalisir kesalahan kesalahan yang tidak di sengaja oleh aparat desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa nantinya,” tutupnya.

Reporter: Zulfikar
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas