PARADE - Pembukuaan Popda di halaman Kantor Bupati Donggala, Kamis 25 November 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)
  • Renang dan Atletik Digelar di Palu

Donggala, Metrosulawesi.id – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XIX, Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Donggala secara resmi dibuka oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Kesra, Drs Muhammad Nizam yang mewakili Gubernur Sulawesi Tengah. Seremoni pembukaan dipusatkan di halaman kantor Bupati Donggala,  Kamis 25 November 2021.

Berdasarkan laporan panitia, jumlah atlet terbanyak adalah Kota Palu dengan 73 atlet. Adapun dari tuan rumah Donggala berjumlah 62 atlet. Selanjutnya, Sigi (29), Banggai (32), Tolitoli (32), Banggai Kepulauan (14) dan Parigi Moutong (42). Total peserta berjumlah 284 orang.

Pembukaan Popa dihadiri 7 kontingen kabupaten/ kota di Sulawesi Tengah. Popda akan berlangsung selama tiga hari ke depan dengan memperlombakan 6 cabang olahraga yaitu atletik, renang, karate, taekwondo, tinju dan voli pasir.

Untuk lokasi atau venue Popda tersebar di beberapa lokasi. Cabor atletik di Lapangan Atletik Petobo Palu. Cabor Renang Kolam Renang Paluabara Palu. Cabor Karate Ruang Aula Kasiromu Kantor Bupati Donggala. Cabor Voli Pasir Lapangan Bola Voli Pasir Pantai Khayalan Desa Salubomba. Cabor Tinju dilaksanakan di kantor Dinas Pemuda dan Olahraga. Cabor Taekwondo di aula kasiromu kantor bupati.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Tengah Irvan Aryanto, menyampaikan tujuan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tahun 2021 di Kabupaten Donggala adalah untuk seleksi atlet pelajar berprestasi, guna memenuhi kuota mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS).

“Saat ini kita terus mendorong pembangunan disegala bidang, termasuk pembangunan olahraga yang menjadi bagian penting, untuk terus diusahakan melalui peningkatan indeks pembangunan olahraga atau sport development indeks, yaitu tersedianya ruang publik yang didukung sarana dan prasarana yang memadai untuk berolahraga,” katanya.

Tentu ini semua menjadi tanggung jawab kita baik Pemerintah maupun masyarakat, untuk memberi perhatian yang lebih terhadap pelajar yang berbakat dibidang olahraga, agar atlet pelajar kita dapat terus meningkatkan kualitas diri dalam berkompetisi dan berprestasi.

“Kepada anak-anakku sekalian para atlet pelajar yang akan berkompetisi di ajang Popda ini, tampilah semaksimal mungkin dalam pertandingan nanti, namun tetap menjunjung norma-norma pertandingan yang telah ditetapkan dan yang lebih penting lagi sebagai atlit dan pelajar, agar tetap seimbang menjalani pendidik,” sebutnya lagi.

Acara ditutup dengan penyerahan cendramata dari Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala kepada Kontingen POPDA kabupaten/ kota.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas