SAMBUTAN - Kepala Kankemenag Palu, Nasurddin L. Midu saat menyampaikan sambutan di kegiatan KKM Pembinaan ASN, di Aula MTsN 2 Palu, belum lama ini. (Foto: Humas)
  • Kemenag Palu

Palu, Metrosulawesi.id – Kelompok Kerja Madrasah (KKM) menggelar kegiatan pembinaan bagi seluruh ASN yang tergabung dalam wadah KKM tersebut. Kegiatan itu dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu, Nasruddin L. Midu, di Aula MTsN 2 Palu, belum lama ini.

Ketua KKM MTsN 2 Kota Palu, Muh. Syamsu Nursi mengungkapkan, kegiatan pembinaan tersebut dilaksanakan untuk membangun komitmen bersama serta menyamakan persepsi, dalam meningkatkan kinerja, kedisiplinan, serta tugas dan tanggung jawab sebagai ASN.

“Di dalam KKM ada beberapa ASN madrasah bergabung, selain MTsN 2 adapula MTs Alkhairaat Pusat Kota Palu, MTs Alkhairaat Buluri, MTs Muhammadiyah Nunu, Mts Al-Muhajirin. dan Mts DDI Ujuna,” kata Syamsu.

Sementara itu, Kakankemenag Palu, Nasruddin kembali mengajak para ASN untuk menunaikan zakat profesi.

“Dalam zakat, uang kita bukan dipotong layaknya kredit, tapi ini merupakan anjuran agama, perintah dalam Al Quran,” ungkapnya.

Nasruddin mengatakan, lewat zakat profesi, para ASN bisa mendapatkan kemashlahatan baik di dunia maupun di akhirat kelak.

“Zakat profesi Insya Allah akan menemani kita di alam barzah atau akhirat. Kalau dipotong itu (seperti kredit) koperasi atau bank, dan (uang) yang dipotong itu hanya akan menjadi kotoran dan sampah. Tetapi kalau kita manfaatkan melalui zakat, Insya Allah akan menemani kita sampai di akhirat kelak,” kata Nasruddin.

Nasruddin juga menekankan kedisiplinan para ASN dari KKM tersebut. “Mari kita konsisten dalam menerapkan kedisiplinan, baik itu disiplin dalam melaksanakan tugas, disiplin pada jam kerja, disiplin berpakaian, dan disiplin dalam berkomunikasi,” pungkasnya.

Terkait kedisiplinan, Nasruddin mengungkapkan, bahwa pada saat ini ASN diperhadapkan dengan peraturan pemerintah yang baru tentang disiplin ASN.

“Bila 28 hari dalam satu tahun (kalender) tidak melaksanakan tugas, yang bersangkutan terancam dipecat. Oleh karena itu kami kembali mengingatkan ASN Kemenag Kota Palu agar betul-betul menjaga kedisiplinan dan kinerjanya, ” ungkapnya.

Selain itu, Nasruddin juga menyampaikan seputar integritas, tanggung jawab, keteladanan, kode etik, dan kode perilaku.

“Olehnya itu saya kembali mengajak pihak KKM untuk mengimplementasikan program Siswa Madrasah Pecinta Al-quran (Simpatiq) dan program Sehat, Hijau dan Cantik (Sehati) bagi madrasah. Kalau ini bisa kita terapkan, kita bisa merasakan hasil pembinaan di lingkungan Madrasah Kota Palu dua sampai lima tahun ke depan,” ujarnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas