FOTO BERSAMA - Kabid SMP Disdikbud Palu, Ambotuwo, saat berkunjung ke Kemendikbud RI, dengan tujuan koordinasi soal aturan baru penggunaan Dana BOS oleh Kemendikbud RI, di Jakarta, belum lama ini. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu mengeluarkan aturan baru tentang penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diterbitkan langsung oleh Kemendikbud RI.

Sebelumnya Kepala Bidang SMP Disdikbud Kota Palu, Ambotuwo berkunjung langsung ke Kemendikbud RI untuk berkoordinasi tentang aturan dana BOS terbaru. Dari hasil koordinasi tersebut, ada beberapa poin penting dalam penggunaan dana BOS yang harus bisa dimengerti seluruh sekolah tingkat SD dan SMP di Kota Palu.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Kemendikbud RI tentang pengelolaan dana BOS di sekolah. Nantinya seluruh sekolah harus bisa mengikuti aturan terbaru yang telah dikeluarkan. Ada berbagai poin penting dalam pengelolaan dana BOS tersebut, yang tentunya harus dipahami oleh sekolah dan diikuti, sehingga ke depannya tidak terjadi masalah seperti yang kita takutkan bersama,” ujar Ambotuwo, melalui ponselnya, belum lama ini.

Dia mengungkapkan, beberapa poin penting itu diantaranya, pergantian rekening BOS mengikuti format sesuai dengan aturan Kemendikbud RI yang akan diterbitkan pada tahun ini.

“Kemudian Pembelanjaan SIPlah wajib bagi satuan pendidikan dan sesuai temuan Kejaksaan RI, karena sudah ada beberapa sekolah diproses karena terindikasi tidak menjalankan ketentuan sebagai mana aturan yang berlaku,” ungkapnya.

Selain itu, kata Ambotuwo, terpenting dana BOS hanya merupakan stimulan bagi satuan pendidikan sehingga diharapkan jika ada yang belum dapat diakomodir BOS pusat untuk menjadi perhatian Pemda.

“Penyusunan ARKAS Wajib, Kemendikbud RI berhak menghentikan atau menunda BOS satuan pendidikan yang tidak mentaati ketentuan, dan saat ini ada berberapa sekolah yang  tertunda untuk tidak dibayarkan dan menjadi tanggung jawab Pemda,” katanya.

Sebelumnya, Disdikbud terus berupaya agar seluruh sekolah bisa menggunakan dana BOS dengan baik, sehingga bisa menjadikan seluruh sekolah bebas dari masalah yang biasanya terjadi akibat kesalahan penggunaan dana BOS.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas