drg Herry Mulyadi. (Foto: Metrosulawesi/ Moh. Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Plt Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Anutapura Palu, drg. Herry Mulyadi mengungkapkan, varian baru Covid-19  yang bernama Omicron di Kota Palu belum ada. Tetapi pemerintah pusat sudah melakukan langkah-langkah strategis, dengan menghentikan sementara aktivitas skala besar di daerah-daerah yang dianggap ada penyebaran yang cukup meningkat.

“Beberapa negara juga sudah melakukan pembatasan-pembatasan. Virus ini selalu memperbanyak diri dengan bermutasi, sesuai dengan kondisi, memang sedikit unik dengan virus Covid-19 ini. Jadi kita tetap waspada. Bahkan besok (hari ini) kita akan rapat dengan Pak Wali Kota Palu untuk membahas antisipasi lonjakan Covid-19 di akhir tahun ini,” jelas Herry, di Palu, Senin, 29 November 2021.

Herry mengatakan, dalam kurun waktu satu minggu ini sesuai informasi Covid-19 masih nol, belum ada tambahan.

“Kita tetap berharap kepada seluruh warga tetap waspada, menjaga imun dan kesehatan, sehingga kita tetap terhindar dari virus Covid-19 ini,” katanya.

Selain itu Herry mengimbau, kepada seluruh masyarakat yang belum divaksin, agar segera ikut vaksinasi. Sebab vaksinasi merupakan salah satu langkah penting untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

“Untuk persiapan natal dan tahun baru, dua minggu lalu kami sudah persiapkan. SDM tetap stabil, kemudian ruangan yang sudah kurang kita sudah renovasi, serta logistik kita sudah siap. Di RSU Antapura kurang lebih 2.400 logistik siap, mulai dari obat-obatan dan cairan, bahkan kesiapan oksigen juga kami telah antisipasi,” ujarnya.

Namun, Herry berharap, penularan varian baru ini semoga tidak terjadi di Kota Palu, khususnya jelang natal dan tahun baru.

Sementara itu, Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid mengaku, Pemerintah Kota Palu terus memantau terkait gerakan penyebaran Covid-19 di Palu, dan memang beberapa hari ini ada tambahan kasus meskipun tidak banyak, hanya empat. Hal ini masih terus dipantau untuk dilakukan tracking serta testing.

“Terkait dengan natal dan tahun baru tentunya menjadi perhatian kita bersama, bahwa upaya pemerintah pusat dalam hal ini menerapkan satu kesamaan level yakni masuk ke level tiga, dari pusat maupun dari daerah. Ini menunjukkan bahwa pemerintah betul-betul memperingati tentang kewaspadaan varian baru, dan tentunya Pemkot Palu akan memperhatikan hal tersebut,” katanya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas