Home Sulteng

24 September, Balasa Tahap II Disalurkan

65
I Nyoman Sriadijaya. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah, I Nyoman Sriadijaya, mengungkapkan  pihaknya segera menyalurkan bantuan Bahan Lauk Siap Saji (Balasa) tahap II bagi pekerja ekonomi kreatif terdampak Covid-19 dalam waktu dekat ini.

“Kami rencanakan tanggal 24 September penyaluran Balasa tahap II di Sulawesi Tengah,” ungkap Nyoman kepada awak media, Rabu, 9 September 2020.

Dia menambahkan sebagaimana saran Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, Balasa tahap II tetap dilengkapi abon sapi lokal. Diketahui, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) melanjutkan kembali program bantuan Balasa tahap II.

Hal ini dilaporkan Nyoman kepada Gubernur Longki saat audiens di ruang kerja gubernur, Selasa, 8 September. Hadir saat itu dua orang Staf Khusus Bidang Keamanan Kementerian Parekraf AKBP Syamsul Bahri dan Kompol Muh. Ikbal.

Nyoman mengatakan bantuan Balasa tahap II akan disalurkan oleh deputi bidang produk wisata dan kegiatan, bukan lagi oleh deputi pengembangan destinasi dan infrastruktur seperti pada tahap I lalu. Untuk jumlah bantuan tahap II tambah Kadis, secara keseluruhan mencapai 11 ribu paket.

“1 paketnya setara dengan 135 ribu Rupiah dan berisi beras 5 Kg, gula, minyak goreng, lauk siap saji dan abon sapi,” jelasnya.

Selain itu, Ia juga mohon izin gubernur menggunakan gedung Joyokodi Covention Center (JCC) untuk proses pemaketan bantuan. Sementara Stafsus Keamanan Syamsul Bahri mengatakan bahwa kementerian ikut melibatkan jajaran Polda Sulteng pada pendistribusian Balasa.

Metode distribusi jelasnya akan dilakukan door to door, sehingga berbeda dari tahap lalu yang mengharuskan penerima bantuan datang mengambil di tempat-tempat yang ditentukan panitia.

Atas bergulirnya bantuan, gubernur menyampaikan terima kasih atas kepedulian dan kesinambungan program kementerian untuk membantu pekerja ekonomi kreatif yang ikut terpapar ekonominya akibat Covid-19.

Ia juga menyarankan ke stafsus agar memasok abon sapi  produksi UKM lokal Sulteng ke dalam paket Balasa guna menghidupkan perputaran ekonomi daerah. Terakhir gubernur berharap supaya panitia memastikan bantuan Balasa yang akan diterima penerimanya dalam keadaan baik dan terjaga.

“Karena ini makanan jadi tolong hati-hati jangan sampai ada yang kadaluarsa,” tandas Longki.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas