Home Palu

SMP Wilayah Pinggiran Diusulkan Masuk 3T

20
Ansyar Sutiadi. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)
  • Dana BOS Sekolah di 3T akan Melonjak

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi, mengatakan, Mendikbud RI telah menjamin dana BOS kedepan tidak akan ada mengalami penurunan anggaran, bahkan sekolah di daerah Terdepan,Terpencil dan Tertinggal (3T) itu dana BOSnya akan melonjak.

“Saya berharap kepada Kepala Bidang SMP dan Kepala Seksi Peserta Didik, agar mengusulkan sekolah-sekolah ada di pingiran seperti SMPN 21, SMPN 11, dan SMP lainya yang sedikit pinggir, mungkin kita bisa masukan jadi sekolah-sekolah 3T, sebab dana BOSnya ke depan itu akan melonjak,” kata Ansyar, di Palu, Selasa, 24 November 2020.

Ansyar mengaku, pada saat kunjungan kerja Mendikbud RI ke Palu, pihaknya juga meminta agar tidak memakai kriteria dari Kemendes, sebab jika pakai kriteria, Kota Palu pasti tidak akan dapat.

“Sementara kami di Palu ada yang namanya Salena, Uwentumbu, dan pak Mas Mendikbud RI merespon itu. Olehnya saya berharap kepada Kabid SMP untuk memasukan sekolah-sekolah kecil itu ke daerah 3T, dan kirim ke pusat data-data sekolah itu,” ujarnya.

Menurut Ansyar, mungkin hal ini sudah dikoordinasikan kemarin dengan Kemendikbud RI, dan dibuka peluang itu.

“Tujuannya agar sekolah-sekolah di daerah pinggiran itu bisa mengejar sekolah-sekolah yang ada di Kota Palu. Sekarang tinggal sekolah pinggiran itu akan mengejar SMPN 1 Palu, SMPN 2, sebab di sekolah di pinggiran ini kekurangan sumber daya,” katanya.

Ansyar mengatakan, anggaran dana BOS ini cara menghitungnya sesuai jumlah peserta didik, terkait hitungan ini akan diubah oleh Kemendikbud RI.

“Jadi dibandingkan saja SMPN 1 dengan SMPN 12 Palu, tentunya di SMPN 1 maju sekali karena sumber dananya besar sementara SMPN 12 jumlahnya kecil. Olehnya itu terobosan Pak Mendikbud RI ini sudah sangat tepat, tinggal kita bagaimana meresponnya,” ungkapnya.

Untuk itu kata Ansyar, dirinya meminta Kabid SMP agar mengusulkan sekolah-sekolah pinggiran di Palu dengan menyurat ke Kemendikbud RI, agar sekolah di Palu juga masuk dalam daerah 3T itu.       

“Jika kita masuk 3T insyaallah perkembangan kualitas sumber daya sekolah kita bisa cepat sekali,” ujarnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Muh. Yusuf

Ayo tulis komentar cerdas