Ilustrasi Covid-19. (foto: ist)

Tolitoli, Metrosulawesi.id – Setelah lebih dari dua pekan dinyatakan Zero Covid-19, Minggu 9 Januari 2022, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mokopido Tolitoli kembali mengisolasi 2  orang pasiennya yang terkonfirmasi positif  Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penaganan Covid-19 Kabupaten Tolitoli, Arham A. Jacub kepada wartawan Senin (10/1/2022) menngatakan, berdasarkan laporan surveilans RSUD Mokopido Tolitoli, bahwa belum dapat dipastikan, virus yang menginfeksi keduanya adalah varian Omicron atau bukan.

“Meskipun keduanya tidak memiliki riwayat perjalanan maupun riwayat kontak dengan orang dari luar negeri ataupun luar daerah, namun untuk menentukan apakah omicron atau bukan, masih harus dilakukan penelitian sampel swab di Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah,” ungkap Arham.

“Kedua pasien tersebut masing-masing adalah perempuan (44 ) alamat Desa Kayulompa Kecamatan Basidondo; dan Laki-laki (61) alamat Desa Dadakitan Kecamatan Baolan,” tambah Arham.

Lanjut Arham, dari kedua pasien yang terkonfirmasi positif satu di antaranya belum sama sekali menerima vaksin Covid-19.

“Sesuai data yang kami terima dari surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli bahwa seluruh pengidap Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri seluruhnya telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Sehingga di Kabupaten Tolitoli sampai hari ini (Minggu, 9 Januari 2022) ada dua  pasien yang terinfeksi Covid-19 dan tengah menjalani perawatan intensif,” imbuhnya.

Ia menyampaikan, Atas nama Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tolitoli.

“Kami mengharapkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. Hal itu sangat diperlukan agar rantai penyebaran Covid-19 dapat kita putus. Selain kami juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk secara sukarela menerima pemberian vaksinasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus sebagai upaya melindungi diri dan keluarga. Mari bersatu dan bergotong royong lawan Covid-19,” pungkasnya.

Reporter: Aco Amir
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas