Muhammad Nasir. (Foto: Istimewa)

Parimo, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) kabupaten Parigi Moutong, Muhammad Nasir mengatakan, sektor perikanan mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022 sebesar Rp 7 miliar.

“Tahun ini DAK kami naik signifikan dari tahun 2021. Yang mana dari Rp 2 miliar naik menjadi Rp 7 miliar lebih,” tutur Muhammad Nasir selaku Kepala DKP Parimo, melalui ponselnya Senin 3 Januari 2022.

Selanjutnya kata Nasir, bahwa anggaran DAK 2022 tersebut, pihaknya fokuskan pada program sarana dan prasarana perikanan tangkap dan perikanan budidaya.

Pada perikanan tangkap bantuan yang diberikan yakni perahu, alat tangkap dan mesin. Sementara untuk perikanan budidaya pihaknya masih memfokuskan pada produksi budidaya, seperti benih ikan, pakan, dan obat-obatan ikan.

“Apalagi saat ini di Parigi Moutong budidaya ikan kakap tengah dikembangkan yakni ikan kerapu dan jenis ikan air tawar lainnya,” terangnya.

Nasir mengatakan, bahwa kelompok nelayan yang menerima bantuan DAK tersebut berbeda dari sebelumnya, sebab penetapan lokasi telah diusulkan sejak tahun 2021.

“Kami berharap agar masyarakat yang saat ini berada di wilayah pesisir pantai dapat merasakan langsung bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat,” harap Nasir.

Reporter: Zulfikar
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas