SERAHKAN SERTIFIKAT - Plt Kadisdikbud Palu, Abdul Hafid Djakatare, saat menyerahkan sertifikat kepada salah seorang calon kepsek belum lama ini. (Foto: Istimewa)
  • Penyerahan Sertifikat 97 Calon Kepsek dan 40 Calon Pengawas

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, menyerahkan sertifikat calon Kepala Sekolah (Kepsek) dan Pengawas Sekolah. Sertifikat tersebut diberikan setelah sejumlah guru mengikuti berbagai pelatihan yang dilaksanakan Disdikbud Kota Palu selama tiga bulan.

Plt Kepala Disdikbud Kota Palu, Abdul Hafid Djakatare mengatakan, Disdikbud telah menganggarkan untuk bisa mempersiapkan para calon Kepsek pada 2021 kemarin.

“Anggaran tersebut juga disetujui langsung Wali Kota Palu, agar nantinya ketika ada pelantikan para Kepsek sejumlah guru tersebut sudah siap menjadi kepsek ataupun pengawas,” kata Hafid, di Palu, belum lama ini.

Hafid mengatakan, setelah mengikuti berbagai pelatihan dari Disdikbud Kota Palu, seluruh peserta yang telah dinyatakan lulus secara resmi mendapatkan sertifikat calon kepsek dan pengawas.

“Kami hanya berupaya dengan adanya persiapan ini, pemerintah nantinya akan lebih mudah untuk mencari calon kepsek yang akan dilantik. Walaupun ini hanya sebagai persiapan, tetapi akan lebih mudah, karena dengan adanya pelatihan ini mereka sudah bisa dinyatakan memenuhi persyaratan karena sudah memiliki sertifikat,” katanya.

Dia mengungkapkan, Disdikbud Palu menyerahkan sertifikat kepada 97 calon kepsek dan 40 calon pengawas yang telah mengikuti seleksi.

“Memang jumlah ini masih kurang, tetapi hal itu sudah sesuai dengan anggaran yang telah disiapkan oleh Pemerintah Kota Palu dalam melaksanakan diklat selama tiga bulan,” ujarnya.

Kata Hafid, yang dikhawatirkan itu, ketika pemerintah tidak melaksanakan pelatihan calon kepsek, maka pemerintah ke depannya akan krisis calon Kepsek.

“Sebab mereka akan membutuhkan banyak calon kepsek, sementara calon kepsek harus memiliki persyaratan yang telah ditentukan oleh pemerintah, salah satunya harus memiliki sertifikat,” ungkapnya.

Hafid mengaku, bahwa saat ini ada banyak Kepala Sekolah di Kota Palu yang akan memasuki masa pensiun, sehingga dengan adanya persiapan ini diharapkan ke depannya pemerintah tidak kesulitan lagi mencari calon Kepsek.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas