MULAI DIKERJA - Pemasangan kawat bronjong sebagai antisipasi pengikisan pinggiran Sungai Tuwelei akibat banjir. (Foto: Metrosulawesi/ Aco Amir)

Tolitoli, Metrosulawesi.id – Sejumlah pekerja dan alat berat excavator milik salah satu kontraktor lokal dikerahkan ke lokasi untuk menyelesaikan pemasangan kawat bronjong di sepanjang bantaran sungai  yang ada di Kelurahan Tuwelei.

Hal ini bertujuan meminimalisir pengikisan tebing di pinggiran sungai dari luapan arus banjir bandang akibat  tingginya curah hujan.

Kepala Bidang ( Kabid) Kedaruratan dan  Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah Andi Sembiring melalui telpon Rabu, 5/1/2022 mengatakan, kegiatan tersebut bersifat darurat sebab melihat kondisi pinggiran sungai sudah ada yang tergerus air.

Bahkan sudah ada beberapa tempat tinggal warga yang terlihat nyaris roboh sebab tanah tempat dudukan bangunan pada bagian belakang rumah mereka mengalami amruk akibat gerusan air.

Dikatakan, pengerjaan pemasangan beronjong itu memakai Belanja Tak Terduga ( BTT) yang melekat pada anggaran APBD Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2022 dan dikelola oleh BPBD.

“Karena sifatnya sangat darurat jadi secepatnya kita menunjuk salah satu kontraktor di Tolitoli untuk mengerjakan pemasangan beronjong,” katanya.

Dijelaskan tidak semua bantaran sungai tersebut dipasangi beronjong. Pemasangannya dilakukan hanya di beberapa titik saja atau secara spot yang dianggap sangat rawan dan mengancam pemukiman warga.

Dia menambahkan,memang ada keinginan pemda setempat dan Pemprov untuk membangun secara permanen pengaman bantaran sungai Tuwelei dan itu memerlukan biaya puluhan miliar. Hal lain yang masih menjadi kendala adalah soal  pembebasan lahan milik warga yang belum ada kesepakatan bersama. 

“Perlu dana puluhan miliar untuk mempermanenkan bantaran sungai Tuwelei,” ujarnya.

Dikatakan meski pengerjaan itu sifatnya masih darurat, namun setidaknya sudah bisa meminimalisir dampak dari banjir dan tempat tinggal warga juga menjadi nyaman.

Ditambahkan sebelum pekerjaan itu berjalan,terlebih dulu Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Mamun Amir pernah berkunjung ke Tolitoli dan melihat langsung lokasi sungai Tuwelei.

Dari hasil kunker Wagub Sulteng tempo hari maka diperintahkan secepatnya untuk menangani perbaikan sungai tersebut. Sementara itu, Hernal loho (37) warga yang tinggal tak jauh dari bantaran sungai mengatakan bahwa upaya yang sudah dilakukan oleh pemerintah sudah cukup membantu warga, setidaknya warga tidak merasa resah dan sedikit merasa aman.

Reporter: Aco Amir
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas