ILUSTRASI - Resort. (Foto: Istimewa)

ANDA ingin mulai merencanakan libur natal dan akhir tahun tapi bingung ingin staycation di hotel atau resort? Yuk! Baca artikel berikut agar Anda dapat merencanakan liburan sesuai preferensi Anda dan mendapatkan pengalaman yang maksimal.

Tidak terasa saat ini kita sudah berada di penghujung tahun, saatnya untuk bersiap menyusun perencanaan terbaik Anda, untuk pergi berwisata menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan kerabat. Bagi Anda yang ingin eksis liburan dengan budget hemat, Lion Air memiliki berbagai penawaran menarik yang bisa Anda pilih sesuai dengan tujuan destinasi Anda, Anda dapat melihat jadwal dan cek promo Lion Air melalui Traveloka. Agar dapat sampai di bandara tepat waktu, penting untuk memilih transportasi yang cepat, nyaman dan aman, saat ini kereta bandara sudah beroperasi, transportasi umum ini dapat menjadi pilihan yang sangat tepat untuk Anda yang hendak melakukan perjalanan menuju bandara. Anda bisa pesan kereta bandara melalui aplikasi Traveloka.

Ketika hendak memilih akomodasi penginapan untuk pergi berwisata ke suatu tempat, Anda pasti melihat banyak iklan properti dengan nama “Resort” atau “Hotel”. Tahukah Anda bahwa keduanya memiliki perbedaan dalam berbagai aspek? Berikut ini adalah perbedaan dari Resort dan Hotel yang dapat menjadi pertimbangan Anda untuk memaksimalkan pengalaman Anda dalam berwisata.

Definisi Resort dan Hotel

Menurut Dirjen pariwisata tahun 1988, Resort adalah suatu perubahan tempat tinggal untuk sementara bagi seorang di luar tempat tinggalnya dengan tujuan antara lain untuk mendapatkan kesegaran jiwa dan raga serta hasrat ingin mengetahui sesuatu. Sedangkan definisi hotel berdasarkan Keputusan Menteri Parpostel No Km 94/HK103/MPPT 1987 Hotel didefinisikan sebagai salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersil.

Klasifikasi

Resort diklasifikasikan menurut lokasi serta atraksi yang disuguhkan, seperti halnya para tamu yang datang ke Beach resort, pada umumnya para tamu memiliki keinginan untuk menikmati suasana pantai, disamping kemewahan dan kesejukan resort. Ciri khas bentuk fisik suatu beach resort adalah lantai kamar yang tidak berkarpet, ada sisi kamar yang menghadap ke laut, memiliki sarana rekreasi air, memiliki perlengkapan dan sarana yang menunjang pengunjung untuk rileks, kemudian juga terdapat The Vacation Village yaitu  dusun wisata yang menirukan bentuk bangunan setempat yang disesuaikan dengan kebutuhan yang merupakan sebuah kompleks bangunan besar dan modern dengan menirukan konsep dusun.

Sementara itu, hotel dapat diklasifikasikan menurut tingkatan bintang dari hotel tersebut, pengklasifikasian hotel di Indonesia dilakukan dengan mengadakan peninjauan setiap 3 tahun sekali yang dilakukan oleh PHRI, yaitu dengan mempertimbangkan beberapa aspek. Mulai dari jumlah kamar, fasilitas dan peralatan yang disediakan, model sistem pengelolaan, hingga motto pelayanan.

Jenis

Resort

1.  Mountain Resort Hotel terletak di daerah pegunungan. Pemandangan khas daerah pegunungan yang indah menjadi komoditi utama yang dijadikan sebagai daya tarik. Fasilitas yang disediakan lebih mengutamakan pada hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan alam pegunungan dan rekreasi yang bersifat kultural dan natural seperti mendaki gunung, hiking,dan aktivitas lainnya yang berhubungan dengan aktivitas wisata yang ada di gunung.

2.  Health Resort and Spa’s biasanya dibangun pada daerah yang memiliki potensi alam yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana penyehatan, misalnya melalui aktivitas spa. Rancangan bangunan resort semacam ini harus dilengkapi dengan fasilitas untuk pemulihan kesegaran, baik dari segi jasmani maupun rohaniah dengan kegiatan yang berhubungan dengan kebugaran dan pemandangan yang juga mendukung dalam proses relaksasi.

3.  Marina Resort Hotel merupakan resort yang terletak di kawasan pelabuhan laut. Karena terletak di kawasan pelabuhan, rancangan resort ini memanfaatkan potensi utama kawasan tersebut sebagai kawasan perairan. Biasanya respon dari rancangan resort semacam ini diwujudkan dengan melengkapi fasilitas berupa dermaga serta mengutamakan penyediaan fasilitas yang berhubungan dengan kegiatan air, pemandangan tepi pantai dan fasilitas untuk menikmati sinar matahari yang berlimpah.

4. Beach Resort Hotel adalah resort yang terletak di daerah pantai, mengutamakan potensi alam dan pemandangan khas pantai dan laut sebagai daya tarik utamanya. Pemandangan lepas menuju ke arah lautan, keindahan pantai, dan fasilitas olah raga air yang lengkap dan terbaru, seringkali dimanfaatkan sebagai pertimbangan utama perancangan bangunan.

5. Rural Resort and Country Hotel tercipta karena adanya pergeseran pariwisata saat ini yang mengarah kepada aktivitas wisata yang dilakukan di daerah-daerah yang masih alami. Dengan potensi alam yang menarik membuka peluang dibangunnya resort berjenis ini. Rural resort and country hotels adalah resort hotel yang dibangun di daerah pedesaan jauh dari area bisnis dan keramaian.

Hotel

1. City hotel adalah hotel yang lokasinya berada di tengah perkotaan, biasanya juga hotel ini ditujukan untuk masyarakat yang akan bertujuan untuk tinggal sementara ataupun tinggal dalam jangka waktu yang relatif pendek, city hotel juga sering disebut dengan transit hotel sebab sering dikunjungi oleh pelaku bisnis.

2. Residential hotel adalah hotel yang pada lokasinya berada di daerah pelosok/pinggiran perkotaan yang jauh dari keramaian, akan tetapi lumayan cukup mudah untuk dapat mencapai berbagai tempat pekerjaan usaha. Residential hotel ini juga biasanya pada berlokasi di daerah yang tenang sebab itu ditujukan untuk masyarakat yang ingin menginap dalam jangka waktu yang relatif cukup lama.

3. Resort hotel adalah hotel yang lokasinya berada di daerah pegunungan maupun di tepi-tepi pantai dan lain sebagainya. Resort hotel ini akan ditujukan untuk masyarakat yang ingin menginap maupun beristirahat pada hari libur atau bagi yang ingin berlibur.

4.  Fasilitas. Ragam fasilitas yang ditawarkan oleh hotel sangat bergantung pada tingkatan kelas bintang hotel, semakin tinggi tingkatannya maka semakin lengkap dan eksklusif fasilitas yang ditawarkan oleh pihak pengelola hotel, sedangkan resort lebih mengutamakan fasilitas yang bersifat rekreatif seperti taman bermain, fasilitas olahraga, spa, pemandian air panas dan kolam renang.

Itulah perbedaan antara resort dan hotel yang perlu Anda ketahui sebelum memilih akomodasi saat liburan nanti. Memilih penginapan yang tepat bisa memberikan pengalaman terbaik selama berlibur. Jangan lupa untuk memilih maskapai Lion Air dan kereta bandara sebagai moda transportasi yang tepat untuk liburan ke destinasi impian Anda. Jangan lewatkan juga promo spesial 11.11 dari Traveloka, Kamu bisa berburu tiket pesawat harga ramah kantong dan diskon menarik! Temukan saja promo 11.11 ke berbagai destinasi favorit, baik rute domestik maupun internasional. Yuk, langsung saja cek promo lengkapnya di Traveloka Lifestyle SuperApp!

Ayo tulis komentar cerdas