Home Buol

Kominfo Bangun Tower Jaringan Seluler di 34 Desa

Amiruddin Rauf. (Foto: Istimewa)

Buol, Metrosulawesi.id – Buol mendapat program pembangunan tower jaringan seluler dengan kecepatan 4G di 34 desa di kabupaten tersebut. Pembangunan tower oleh Kementerian Kominfo melalui Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI).

“Melalui Kementerian Kominfo, tahun ini Buol mendapat program pembangunan tower 4G di desa yang sulit mengakses jaringan,” ujar Bupati Amiruddin Rauf, Kamis, 29 April 2021.

Bupati mengatakan di era modern sekarang ini, informasi menjadi hak dasar dan penting selain kebutuhan primer sandang dan papan. Akses informasi ini dalam banyak hal sangat dipengaruhi oleh ketersediaan layanan jaringan seluler.

Akan dibangunnya tower disebut wujud keseriusan Pemkab dalam menciptakan layanan informasi yang menjadi hak dasar masyarakat di Kabupaten Buol. Bupati mengimbau kepada para Pemerintah Desa dan Kecamatan agar bisa merespons dengan positif program ini.

“Masih  ada beberapa desa yang ogah-ogahan bahkan ada yang menyatakan desa tidak punya lahan untuk lokasi pembangunan tower, padahal harusnya pemerintah desa memfasilitasi,” ucapnya.

Amiruddin mengatakan pembangunan tower selain kebutuhan mengakses informasi, juga kampanye serta publikasi segala aktifitas, program dan kebijakan Pemkab, khususnya saat pandemi ini.

Pemkab memanfaatkan saluran informasi melalui media sosial seperti facebook yang dikelola Diskominfo Buol, Protokol Komunikasi Pimpinan, BPMP-Des, Bappenda, Bagian Pemerintahan.

Ada pula pembelajaran daring dan Work From Home (WFH) yang sangat bergantung terhadap kualitas jaringan saat pandemi ini. Olehnya, ketersediaan jaringan seluler menjadi syarat aktifitas ekonomi dan sosial warga. Untuk pertanian juga sangat dibutuhkan mencari perkembangan tehnik dan inovasi pertanian terbaru yang bisa diakses melalui website dan kanal youtube.

Bupat berharap akan dibangunya tower jaringan 4G di 34 Desa yang tidak memiliki jaringan, akan menciptakan generasi masa depan yang melek informasi dan tekhnologi digital.

Akan banyak manfaat dapat dirasakan masyarakat, mulai dari interkonektivitas kebijakan, publikasi program, kemudahan pelaporan desa, publikasi dunia usaha, iklan produk dan hasil pertanian, pembelajaran daring, dan masih banyak lagi.

“Buol akan maju dengan melahirkan masa depan generasi digital yang uptodate serta cerdas melalui kebijakan Buol Merdeka Sinyal,” pungkas Amiruddin.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas