SAMBUTAN - Kakanwil Kemenag Sulteng, Ulyas Taha, saat menyampaikan sambutan di Workshop Peningkatan Mutu dan Penguatan Moderasi Beragama Tenaga Pendidik dan Kependidikan, di Auditorium MAN 2 Palu, belum lama ini. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Palu menggelar Workshop Peningkatan Mutu dan Penguatan Moderasi Beragama Tenaga Pendidik dan Kependidikan di Auditorium MAN 2 Palu, belum lama ini. Kegiatan itu dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sulteng, Dr. H. Ulyas Taha.

Kata Ulyas, kemajuan dunia teknologi memiliki imbas yang besar bagi dunia pendidikan. Hal ini menjadikan tugas dan tanggungjawab guru menjadi lebih besar dan juga berat. Maka guru dituntut untuk mentransformasi diri menyesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini.

“Guru harus memiliki keutamaan dalam sifat ikhlas demi terwujudnya mutu pendidikan serta lulusan secara paripurna, self-upgrade dengan pengetahuan-pengetahuan baru dan melek teknologi adalah langkah-langkah bertransformasi menuju era digital. Pendidikan merupakan wadah untuk mewujudkan generasi ideal harapan bangsa. Olehnya itu setiap guru hendaknya mempertahankan integritas sebagai guru sebagaimana yang dikenal oleh masyarakat selama ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Palu, Muh. Syamsu Nursi mengatakan, workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan, yang berkenaan dengan tupoksi dan kewajiban yang melekat pada profesi mereka masing-masing.

“Saya juga mengingatkan penguatan moderasi beragama merupakan program proritas Kemenag dan harus digaungkan secara terus menerus dalam setiap sendi kehidupan. Dalam workshop ini juga disertakan materi sosialisasi tentang pelaksanaan penilaian kinerja kepala madrasah yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat,” jelasnya.

Kata Syamsu, terkait penilaian kinerja guru, sasaran kerja pegawai, maupun sosialisasi penilaian kinerja kepala madrasah, pemberian informasi, serta melaksanakan regulasi, adalah hal yang penting untuk dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh ASN Kemenag, khususnya MAN 2 Palu.

“Olehnya kami berharap bahwa melalui kegiatan workshop ini, peningkatan kompetensi serta kinerja guru dan tenaga pendidik dapat tercapai,” pungkas Syamsu.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas