SUKSES - Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura, bersama stakeholder terkait berswafoto bersama saat pembukaan kejuaraan Water Sport Festival di Pantai Tanjung Karang Donggala, Sabtu (03/11/2022). (Foto: Metrosulawesi/ Addi Pranata)

Donggala, Metrosulawesi.id – Open Watersport Festival yang diinisasi oleh Dirpolairud Polda bersama dengan Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) dan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Sulteng di Wisata Pantai Tanjung Karang Sukses digelar. Kejuaraan ini tahun depan diproyeksikan berskala Internasional.

“Tahun 2023 saya minta kegiatan ini bisa ditingkatkan bertaraf internasional,” kata Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura saat membuka kejuaraan, Sabtu (3/12/2022).

Menurut Cudy sapaan akrab Gubernur, Sulteng memiliki potensi sumber daya alam dan pariwisata dunia, sehingga perlu diekspos dan dieksplor melalui kegiatan yang berskala nasional dan Internasional.

Dia pun menjanjikan pada APBD akan datang, pemerintah provinsi Sulteng akan mengalokasi dana untuk peningkatan sektor pariwisata di Kabupaten Donggala.

Open Water Sport Festival, kata Gubernur, selain sebagai ajang pemanasan atlet OWS Sulteng ke Pekan Olahraga Nasional 2024 dan Porprov Banggai 2022, juga sebagai sarana promosi wisatawan untuk datang ke Sulawesi Tengah, khususnya di Kabupaten Donggala. Gubernur menilai sektor pariwisata di Kabupaten Donggala khususnya wisata pantai perlu ditingkatkan.

Di tempat yang sama, Ketua Umum KONI Sulteng, M Nizar Rahmatu menyebut sinergitas membangun olahraga di daerah sampai ke tingkat nasional ada dalam Perpres 86 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Nizar menjelaskan kolaborasi sangat dibutuhkan apalagi di bidang Sport Tourism yang tercantum dalam undang-undang keolahragaan nasional.

Hal itu pula ditekankan oleh gubernur kepada KONI Sulteng agar membangun sinergitas dalam bidang Sport Tourism.

“Alhamdulillah, ini sudah terwujud berkat semangat bapak Kapolda Sulteng dalam hal pengembangan Sport Tourism di wilayah Sulawesi Tengah,” kata Nizar.

Reporter: Addi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas