Dr. Rusdin. (Foto: Humas)

Palu, Metrosulawesi.id – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, saat ini gencar meningkatkan kapasitas dosen dan mahasiswa untuk meneliti dan menulis karya ilmiah, sebagai salah satu bentuk upaya optimalisasi penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN Datokarama Palu, Dr. Rusdin mengatakan, komponen civitas akademik meliputi dosen dan mahasiswa, memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satunya yaitu melakukan penelitian dan penulisan karya ilmiah.

“Maka Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN Datokarama terus berupaya mendorong dosen dan mahasiswa meneliti dan menulis karya ilmiah, dengan memperkuat kapasitas tentang penelitian dan penulisan,” kata Rusdin, di Palu, baru-baru ini.

Kata dia, Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN Palu telah melaksanakan pelatihan penulisan karya ilmiah, dengan melibatkan 40 mahasiswa perguruan tinggi tersebut, sebagai satu pendekatan
meningkatkan keterampilan dan kemampuan mahasiswa menulis karya ilmiah seperti makalah, skripsi, tesis dan sebagainya.

“Pelatihan yang berlangsung di UIN Palu itu, untuk melatih mahasiswa mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis,” jelasnya.

Di samping itu, kata Rusdin, hal ini menjadi upaya menumbuhkan etos ilmiah di kalangan mahasiswa, sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu menjadi penghasil (produsen) pemikiran dan karya tulis dalam bidang ilmu pengetahuan, terutama setelah penyelesaian studinya sebagai hasil yang diharapkan.

“Peningkatan kapasitas mahasiswa menulis karya ilmiah, juga menjadi pendorong agar dosen dan mahasiswa dapat berkolaborasi melaksanakan penelitian dan penulisan karya ilmiah, yang disesuaikan dengan konteks tantangan zaman serta dinamika dan problem yang ada di masyarakat,” ujarnya.

Rusdin mengatakan, berdasarkan data yang ada pada pihaknya bahwa antusias dosen untuk melakukan penelitian dan menulis karya ilmiah sangat tinggi, ditandai dengan tingginya pendafaran untuk penelitian dan penulisan karya ilmiah pada aspek peningkatan kapasitas, pengembangan program studi, interdisipliner dan pengembangan pendidikan tinggi.

“Terutama dosen–dosen muda sangat banyak mendaftar untuk penelitian dan penulisan karya ilmiah pada aspek peningkatan kapasitas,” ungkapnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas