Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura dan Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Ir Ilyas Mansur MT menandatangani nota nota kesepahaman tentang Program Studi Diluar Kampus Utama Provinsi Sulawesi Tengah, di ruang kerja gubernur, Rabu (30/11). (Foto: Admin Pimpinan)
  • Untuk Tingkatkan Kualitas Politeknik Palu

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura  bersama Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Ir Ilyas Mansur MT menandatangani nota kesepahaman tentang Program Studi Diluar Kampus Utama Provinsi Sulawesi Tengah, bertempat di Ruang Kerja Gubernur Sulawesi Tengah, Rabu (30/11).

Gubernur H Rusdy Mastura mengapresiasi pihak PNUP mau bekerja sama untuk meningkatkan kualitas Politeknik Palu. Diharapkan dengan kerja sama itu dapat menghasilkan lulusan tenaga kerja terampil sesuai kebutuhan Industri di Sulawesi Tengah.

Di bagian lain Gubernur menyinggung tentang sekolah vokasi melalui SMA Plus di setiap kecamatan. Keberadaan SMA Plus akan ditingkatkan kualitasnya sehingga dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja terampil di wilayahnya.

Direktur PNUP Ilyas Mansur mengatakan, Program Studi Diluar Kampus Utama juga telah dilakukan di beberapa daerah. Misalnya di Fakfak, Papua dimana politeknik di daerah itu telah hu menjadi negeri.

Dia optimistis kerja sama dengan Pemprov Sulteng akan berhasil karena Sulteng memiliki industri, sehingga akan lebih mudah dilakukan pembinaan.

Ilyas Mansur sangat mengapresiasi karena Gubernur memberikan dukungan utamanya mengajak Industri untuk bersama sama dalam peningkatan kualitas pendidikan di Politeknik Palu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah Yudiawati Vidiana mengatakan, kerja sama dengan PNUP untuk mewujudkan peningkatan SDM di Sulawesi Tengah sesuai misi pertama Pemprov Sulteng.

Kerja sama itu juga dalam rangka menyiapkan Politeknik Palu menjadi politeknik negeri. Pihak pemerintah provinsi telah mengusulkan ke Kemendikbudristek agar Politeknik Palu dapat menjadi Politeknik Negeri Palu.

“Sebelumnya Politeknik Palu ini sudah diusulkan kepada menteri pendidikan untuk dapat ditingkatkan menjadi Politeknik Negeri Palu. Tetapi saat ini masih ada moratorium sehingga untuk terus mempersiapkan Politeknik Palu menjadi negeri maka dilakukan kerja sama dengan Politeknik Negeri Ujung Pandang untuk dukungan pembinaan menjadi bagian Program Studi Diluar Kampus Utama,” jelasnya. (ril/*)

Ayo tulis komentar cerdas